Kebakaran Lahan Turut Ludeskan Satu Kandang Ayam di Cempaka

KEBAKARAN lahan yang terjadi di kawasan Jalan Aneka Tambang, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Kamis (19/9/2019), merembet hingga membakar satu kandang ayam milik warga setempat.

PETUGAS gabungan dari pemadam kebakaran, Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel, Tagana Kalsel, Manggala Agni dan relawan pun harus bahu membahu menjinakkan api yang terus membesar.

Lahan semak belukar yang berada tak jauh dari pusat perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru, makin membesar akibat terpaan angin kencang. Hingga akhirnya turut meludeskan kandang ayam milik warga setempat.

BACA : Bantu Atasi Karhutla di Guntung Damar, UPT Damkar Martapura Diterjunkan

Sudirman, warga Kelurahan Cempaka mengungkapkan api memang cepat membesar karena kondisi rerumputan yang kering serta terpaan angin yang begitu gencang.

“Awal api itu berasal dari kebakaran lahan yang berada di sebelah kandang ayam. Memang, petugas gabungan tengah berjibaku memadamkan api agar tak merembet ke bangunan kandang ayam lainnya,” ucap Sudirman kepada awak media, Kamis (19/9/2019).

Sudirman mengakui baru mengetahui jika ada kandang ayam terbakar dari rembetan api kebakaran lahan, usai mendengar teriakan warga sekitar. “Syukurnya, berkat kesigapan petugas, hanya satu kandang ayam yang habis terbakar. Sebab, di lokasi itu ada dua kandang ayam yang turut terbakar,” ucapnya.

BACA JUGA : 600 Personel Diterjunkan Taklukkan Titik Api di Guntung Damar

Pemilik kandang ayam, Anwar pun mengaku hanya bisa pasrah. Sebab, api dengan cepat melumat bagian atas kandangan hingga menjalar ke bagian lainnya. “Kebanyakan ayam yang turut terbakar itu umurnya baru 14 hari. Untuk sementara, diperkirakan ada 1.600 ekor yang hangus terpanggang,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

Penulis Balsyi
Editor Didi GS