ACT

Peran Pemuda di Pesta Demokrasi

136

DEWAN Koordinasi Wilayah Garda Bangsa Kalsel dan DPD KNPI Kalsel menggelar dialog interaktif dengan tajuk peran pemuda dalam menghadapi Pilkada Serentak tahun 2020, Senin (16/9/2019).

KETUA DKW Garda Bangsa Kalsel Muhammad Yusuf mengatakan, generasi muda dituntut untuk berpartisiasi aktif, baik dalam memilih, pengawasan, maupun memberikan masukan dan tanggapan terhadap penyelenggaraan Pemilu.

Menurutnya, partisipasi pemuda bertujuan meningkatkan partisipasi politik masyarakat secara luas dan mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib, dan lancar.

“Masyarakat memiliki peran yang penting agar Pemilu berjalan aman dan lancar. Peran pemuda yang dapat dilakukan dalam Pemilu dengan menggunakan hak pilih dan mendorong agar pemuda dan masyarakat lainnya agar ikut terdaftar sebagai pemilih dan menggunakan hak pilihnya, sehingga menekan angka golput,” ucap sekretaris DPD KNPI Kalsel ini.

Peran yang juga dapat dilakukan pemuda adalah ikut serta memantau dan mengawal proses Pemilu agar tidak ada pelanggaran atau kecurangan selama proses pemilu.

“Pemuda harus berperan dalam menyukseskan Pilkada serentak tahun depan, sehingga agenda demokrasi bisa berjalan dengan jujur, tertib, dan aman,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.