Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Serahkan Piagam Badal Haji

0

KEPALA Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel H Noor Fahmi menyerahkan piagam badal haji untuk jamaah yang meninggal dunia dan telah dibadalhajikan oleh Kemenag RI.

PIAGAM badal haji tersebut diserahkan Noor Fahmi menerima secara resmi kedatangan jamaah haji Kloter 19 yang merupakan kloter terakhir Debarkasi Banjarmasin (BDJ), Minggu (15/9/2019).

“Badal artinya menggantikan. Maknanya adalah seseorang yang menggantikan haji dari orang yang seharusnya menunaikan ibadah haji disebabkan oleh faktor halangan, usia lanjut, atau telah meninggal dunia,” kata Noor Fahmi.

BACA : Transit di Kualanamu, Satu Jamaah Haji asal Tapin Meninggal di Pesawat

Diungkapkannya, penyerahan piagam badal haji atas nama almarhumah Siti Noor Jannah binti Muhammad Khairi, yang merupakan jamaah haji Kloter 3 dari Banjar. Sebelumnya, almarhumah mengalami sakit saat sudah memasuki asrama haji embarkasi Banjarmasin, pada 12 Juli 2019.

Kemudian, oleh tim Kesehatan PPIH Embarkasi Banjarmasin ia dirujuk ke RSUD Ratu Zaleha Martapura. “Dalam masa perawatan, Siti Noor Jannah meninggal dunia 4 Agustus 2019 di RSUD Ratu Zaleha dan dimakamkan di Martapura,” bebernya.

Selanjutnya, oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai tanda penghormatan kepada almarhumah, ia dibadalhajikan. “Sebagai bukti atas badal haji tersebut, Kementerian Agama RI melalui Kanwil Kemenag Kalsel menyerahkan piagam badal haji tersebut,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.