Fraksi-fraksi DPRD Banjarmasin Susun Keanggotaan Alat Kelengkapan Dewan

PDIP tuntas membentuk fraksi di DPRD Banjarmasin. Dengan 5 kursi, PDIP membentuk fraksi sendiri dan meraih posisi salah satu unsur pimpinan dewan. Ketua fraksi PDIP DPRD Banjarmasin Suyato mengungkapkan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan dilakukan pekan ini.

INSYA Allah dalam satu-dua hari ini sudah bisa selesai. Untuk penempatan di komisi, masih belum ditentukan orang-orangnya,” kata Awi, panggilan Suyato, Senin (16/9/2019).

Pihaknya dalam penempatan keanggotaan di komisi berdasarkan latar belakang dan pengalaman, serta musyawarah. “Untuk posisi AKD, sementara per satu tahun. Untuk Bammus dan BK 2,5 tahun,” ucap Awi.

Sementara, Ketua Fraksi Partai Demokrat Bambang Yanto Permono mengungkapkan, wakil rakyat dari parpolnya akan ditempatkan di komisi-komisi seusai dengan bidangnya masing-masing.

Hal ini, lanjutnya, akan memudahkan dalam melaksanakan kerja legislatif dan menyalurkan aspirasi konstituennya masing-masing. “Kita mengharapkan kepada kawan-kawan setelah dibentuk komisi tersebut untuk bekerja lebih giat dan maksimal lagi,” kata Ketua DPC Demokrat Banjarmasin ini.

BACA : DPRD Banjar Besok Gelar Rapat Paripurna Perdana

Diungkapkannya, berdasarkan pembicaraan lintas fraksi di DPRD Banjarmasin, masa jabatan di AKD diusulkan selama 2,5 tahun menyesuaikan masa jabatan Banmus dan BK, namun sebagian fraksi masih menginginkan masa jabatan sama seperti periode sebelumnya, yaitu setahun.

“BK dan Bamus masa jabatan selama 2,5 tahun, sedangkan komisi, Banggar, dan Bapemperda setahun. Lucu jadinya. Semoga bisa terakomodir semua, kemungkinan masa jabatan 2,5 tahun,” katanya.

Diungkapkannya, belum terbentuknya AKD disebabkan lambatnya disahkan unsur pimpinan dewan definitif, sebab tatib disahkan pimpinan definitif bukan pimpinan dewan sementara yang tidak bisa mengambil kebijakan strategis.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani