Bantu Atasi Karhutla di Guntung Damar, UPT Damkar Martapura Diterjunkan

0

DALAM beberapa hari terakhir kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar semakin meluas sehingga berdampk makin tebalnya kabut asap. Hal ini juga telah menggangu aktivitas masyarakat dan membahayakan kesehatan.

DAMPAK dari kabut asap juga membahayakan penerbangan udara, sehingga sejumlah penerbangan dari dan ke Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin terpaksa mengalami penundaan keberangkatan. Dikabarkan jarak pandang di landasan pacu (runway) hanya sekitar 200 meter saja.

Salah satu lahan Gambut yang terbakar dan dekat dengan kawasan Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru adalah di Kawasan Guntung Damar, Landasan Ulin, Banjarbaru. Untuk membantu pemadaman lahan gambut yang terbakar, UPT Damkar Martapura diterjunkan ke lokasi tersebut.

BACA: 600 Personel Diterjunkan Taklukkan Titik Api di Guntung Damar

“Kita turunkan satu unit dari UPT Damkar Martapura, guna membantu pemadaman lahan gambut yang terbakar di Guntung Damar, Banjarbaru. Tadi pagi kami juga turut memadamkan kebakaran di pemukiman setelah itu langsung berangkat menuju Guntung Damar ,” ujar Ali Hanafiah, Kasat Pol PP Banjar.

Menurut Ali Hanafiah, UPT Damkar Martapura terjun ke lokasi Lahan Gambut yang terbakar di Guntung Damar, bersama Kapolda Kalsel dan Danrem 101 Antasari.

“Kami terjunkan unit pemadam kebakaran beserta para relawan ke Guntung Damar atas perintah Bupati Banjar H Khalilulrahman melalui Pak Sekda Mokhammad Hilman,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.