Pagustian Ramaikan Bursa Bakal Calon Bupati Banjar

PERNYATAAN sang petahana Bupati Banjar KH Khalilurrahman alias Guru Khalil bakal tak maju berlaga lagi dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak September 2020 mendatang, membuka peluang bagi figur lainnya.

SAAT ini, hanya satu calon incumbent dipastikan bertarung dalam perebutan kursi orang nomor satu di Pemkab Banjar, yakni Wakil Bupati Saidi Mansyur yang diusung Partai Nasdem.

Tak hanya itu, nama Sekda Kota Banjarbaru Said Abdullah, mantan Ketua DPRD Banjar yang juga anggota DPRD Kalsel H Rusli dan politisi Partai Golkar, Kasmili.

Menariknya dari trah Pagustian Banjar mencuat beberapa nama seperti Staf Gubernur Kalsel Gusti Syahyar, mantan anggota DPR RI dari Golkar, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah hingga adik kandung eks Bupati Banjar Pangeran Khairu Saleh yakni Gusti Sulaiman Razak.

“Saya siap mendeklarasikan diri untuk maju dalam perebutan kursi Bupati Banjar pada suksesi 2020. Saya maju lewat partai politik (parpol),” ucap Gusti Sulaiman Razak kepada jejakrekam.com di Martapura, Minggu (15/9/2019).

BACA : Peta Politik Banjar Berubah, Sulaiman Razak Pastikan Maju Berlaga

Bagi dia, makin banyaknya figur yang maju berlaga, tentu makin mewarnai perpolitikan Kabupaten Banjar, termasuk dari kalangan Pagustian Banjar.

“Insya Allah, saya maju pada Pilbup Banjar 2020 yang tahapannya tidak lama lagi akan digelar. Hal ini berkat banyaknya dukungan dari sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tentunya juga dari masyarakat,” beber dia.

Adik kandung mantan Bupati Banjar ini menyatakan maju sebagai calon kepala daerah tentu banyak pertimbangan dan perhitungan harus dimiliki. Salah satunya, Iman-sapaan pengusaha muda ini harus memilih apakah melalui jalur perseorangan atau partai politik.

“Alhamdulillah, setelah melakukan pembicaraan dengan sejumlah petinggi parpol, secara lisan saya sudah mendapat dukungan. Insya Allah, dukungan itu memenuhi 20 persen, bahkan lebih dari cukup,” tegasnya.

BACA JUGA : Diusung Nasdem, Wabup Banjar Saidi Mansyur Mengaku Fokus Urusi Rakyat

Mantan ASN yang mengundurkan diri dan memilih jadi pengusaha ini juga mengungkapkan, dirinya sudah memiliki jaringan di Kabupaten Banjar untuk membantunya maju di Pilbup Banjar 2020.

“Ada jaringan ormas dan juga timses yang sudah lama terbentuk, namun vakum dalam beberapa tahun ke belakang. Tetapi, kini jaringan ini ditata dan dihidupkan lagi, serta konsolidasi berjalan lancar,” tutur Iman.

Warga Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Syamsul Bahri, mengatakan dirinya mengenal sosok Gusti Sulaiman Razak ketika ia menjadi Ketua Karang Taruna se Kabupaten Banjar.

“Kita mengenal Pak Sulaiman Razak, ketika memimpin Karang Taruna se- Kabupaten Banjar dan sering melakukan aksi sosial ke masyarakat secara bersama-sama,” ucapnya.

BACA LAGI : Siap Pensiun Dini, Sekda Banjarbaru Said Abdullah Incar Kursi Bupati Banjar

Hal senada juga disampaikan Ahmad Supiani. Warga Kecamatan Gambut menilai Gusti Sulaiman Razak adalah seorang tokoh muda yang layak diperhitungkan, karena ia mengenalnya sejak lama.

“Saya mengenalnya, bukan karena Gusti Sulaiman Razak adalah adik kandung Mantan Bupati Banjar dua periode Pangeran H Khairul Saleh, tetapi karena mengenalnya secara pribadi sebagai orang yang berpendidikan, ramah, mudah bergaul, serta mencintai para guru dan ulama,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS