Gelar Aksi Sosial, KNPI Kalsel Bagikan 1000 Masker

0

DITENGAH kabut asap yang melanda Banjarmasin dan sekitarnya, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Selatan melaksanakan aksi sosial pembagian masker gratis di depan Gedung Pemuda Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Minggu (15/9/2019).

TAK kurang 1.000 lembar masker dibagikan gratis kepada masyarakat Banjarmasin dalam rangka penyadaran bahaya asap dan pencegahan penyakit infeksi saluran pernafasan.

Ketua DPD KNPI Kalsel, Fazlur Rahman mengatakan aksi sosial ini bagian dari kepedulian KNPI kepada masyarakat Banua agar menjaga kesehatannya di tengah maraknya kabut asap yang melanda Bumi Lambung Mangkurat.

BACA: Kabut Asap Tebal, Penumpang Pesawat Terpaksa Harus Menunggu 2 Jam

“Kami ingin menyampaikan pesan bahwa jika udara dalam keadaan kabut asap yang tebal, lebih baik tidak beraktifitas diluar rumah, tapi kalau terpaksa keluar rumah maka kenakanlah masker” kata Fazlur kepada awak media.

Mantan ketua BEM FH ULM menyebut, semestinya masker yang dibagikan haruslah sesuai standar jika udara berbahaya seperti saat ini atau biasa disebut Masker N95.

Namun demikian, mengenakan masker biasa atau kain yang dibasahi, adalah langkah darurat yang bisa dilakukan, “ini lebih baik daripada tidak mengenakan masker atau penutup hidung sama sekali” ucap advokat muda ini.

BACA JUGA: Asap Makin Pekat, ACT Kalsel Bagikan Masker

Selain itu KNPI Kalsel berharap dan mendesak kepada pemerintah untuk selalu mengantisipasi kabut asap ini karena selalu terjadi berulang-ulang.  Bagi Fazlur pemerintah dan penegak hukum harus tegas, sebab banyak sekali yang dirugikan dengan kabut asap seperti ini.

Sementara itu warga kota banjarmasin menyambut baik aksi pemuda banua ini.  “Kami melihat kabut asap hari ini benar-benar sudah pada tahap membahayakan, 5 menit saja sudah membuat sulit bernafas dan akhirnya disertai sakit kepala” kata Irwan salah satu masyarakat Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.