WISH Festival untuk Jaring Penerima Beasiswa

MATA Garuda, Sahabat Beasiswa, Indonesian Scholarship Network pusat berkolaborasi untuk membuat World Indonesia Scholarship (WISH) Festival 2019. Kegiatan ini berlangsung di 21 kota, dan untuk di Kalsel dilakukan di Aula Rektorat ULM, Sabtu (14/9/2019). Kegiatan ini agar bisa menjaring lebih banyak penerima beasiswa. 

WAKIL Rektor IV ULM Prof H Yudi Firmanul Arifin, mengatakan, WISH Festival dapat memotivasi anak muda untuk bisa melanjutkan studi yang lebih tinggi.

Diungkapkannya, biaya untuk pendidikan tidak murah. Selain biaya perkuliahan, persiapan living cost, akomodasi, hingga biaya lain-lain, sangat diperlukan. Sehingga, beasiswalah yang dapat memberi keringanan.

Ia berharap WISH Festival bisa menjaring banyak anak muda untuk melanjutkan studi agar SDM di Indonesia meningkat.

Ketua Mata Garuda Kalsel Pathur Razi Ansyah mengatakan, potensi mendapat beasiswa sangat besar. Ia mengambil contoh DAAD beasiswa dari Jeman dan Full Bright beasiswa dari Amerika, yang selalu menjaring ratusan penerima beasiswa.

BACA : 16 Prodi di ULM Menjadi Tujuan Beasiswa LPDP 

Untuk LPDP, beasiswa yang dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia dari kuota 4.000 per tahun, biasanya mereka menyerap 1.200 orang. “Tidak melihat kuota, tapi kapasitas. Calon penerima beasiswa akan dites, apakah cocok atau tidak mendapat,” katanya.

Diungkapkannya, beasiswa yang akan diberikan tidak hanya fokus pada nilai akademik, namun juga keahlian, bahasa Inggris, komunikasi kepemimpinan hingga keorganisasian.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani