ACT

Tekan Karhutla di Tabalong, Tim Gabungan Pantau Hotspot

0 95

SERINGNYA terjadi kebakaran hutan dan lahan Tabalong, petugas gabungan tim karhutla Tabalong, yang terdiri dari TNI, Polri, UPBS, dan keterlibatan masyarakat pantau hotspot.

DIBAGI menjadi 8 tim, beranggotakan 15 orang dalam setiap timnya, petugas gabungan mulai bergerak dari pukul 08.00 Wita hingga selesai.

Babinsa Kodim 1008/Tanjung Suwardi mengatakan, patroli dengan melakukan koordinasi dengan aparat desa setempat, mendatangi sasaran terpilih, mengumpulkan informasi, dan memantau kondisi lingkungan. “Hasil pantauan pelaksanaan tugas patroli tersebut selanjutnya akan dilaporkan ke pimpinan,” ujarnya.

Suwarsi mengatakan, selain patroli, tim gabungan juga berikan sosialisasi pada masyarakat guna pencegahan serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah-wilayah rawan karhutla.

“Sosialisasi dilakukan secara langsung mendatangi warga ke desa-desa untuk mengimbau agar warga tidak membuka lahan atau ladang dengan cara membakar,” ujarnya.

Karena, ungkapnya, membuka lahan dengan cara membakar bisa menimbulkan kabut asap yang bisa menyebabkan gangguan saluran pernapasan. “Kita berharap dengan dipantaunya hotspot, tingkat kebakaran hutan dan lahan di Tabalong dapat diminimalisir,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, wilayah yang menjadi sasaran pelaksanaan patroli dan sosialisasi, seperti Desa Jaro Kecamatan Jaro, Desa Santuun Kecamatan Muara Uya, Desa Argo Mulyo Kecamatan Bintang Ara, Desa Kinarum Kecamatan Upau, Desa Pamarangan Kecamatan Tanjung, Desa Pulau Kuu Kecamatan Tanta, Desa Murung Karangan Kecamatan Kelua, Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas, dan Desa Pugaan Kecamatan Banua Lawas.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.