ACT

Bantuan Belum Jelas, Warga Alalak Tengah Datangi Gedung DPRD Banjarmasin

0 116

MARAKNYA musibah kebakaran yang menimpa warga Alalak Tengah dan Alalak Selatan belakangan ini, membuat puluhan warga bergerak mendatangi Gedung DPRD Kota Banjarmasin, Jalan Lambung Mangkurat, untuk mengadu nasibnya, Kamis (12/9/2019).

DIKOMANDO tokoh masyarakat Alalak, H Ahmad Maulana, aksi unjuk rasa menyalurkan aspirasi dilakukan warga bersama korban kebakaran Alalak Tengah RT 12 dan RT 13. Dengan menumpang beberapa buah taksi kuning, warga pun diterima sejumlah wakil rakyat di DPRD Banjarmasin.

Aksi unjuk rasa warga Alalak Tengah ini dipicu belum jelasnya bantuan dari Pemkot Banjarmasin yang diterima para korban. Terutama untuk proses pembangunan kembali rumah yang telah luluh lantak akibat diamuk si jago merah.

BACA : Bahan Bangunan Dan Selimut Jadi Kebutuhan Utama Korban Kebakaran Di Alsel

“Kami ke sini untuk meminta agar para anggota dewan bisa segera mengunjungi sejumlah titik kebakaran. Sebab, hingga kini, warga Alalak Tengah belum bisa membangun rumahnya kembali, tentu butuh bantuan dari pemerintah kota,” ucap Ahmad Maulana kepada awak media, usai berdialog dengan sejumlah anggota DPRD Banjarmasin, Kamis (12/9/2019).

Ia menyebut sesuai hasil dialog disepakati pada Sabtu (14/9/2019), anggota DPRD Banjarmasin yang baru dilantik akan mengunjungi lokasi kebakaran di Alalak Tengah dan Alalak Selatan.

“Dengan hadirnya para wakil rakyat tentu bisa merasakan apa yang dirasakan para korban kebakaran. Ini penting, karena sepengetahuan saya, pasca kebakaran sangat jarang ada anggota dewan yang datang berkunjung,” ucap Haji Imau, sapaan akrabnya.

BACA JUGA : Bawa Kitab Sahih Bukhari, Warga Alalak Gelar Ritual Tolak Bala

Bagi dia, dengan berkunjung dan menyaksikan langsung kondisi yang dialami para korban kebakaran di Alalak Tengah dan Alalak Selatan, tentu bisa menggugah kepedulian terhadap warga yang menderita akibat musibah itu.

“Sepatutnya, para wakil rakyat itu peduli dan lebih proaktif untuk penanggulangan pasca kebakaran. Caranya bisa dengan menaikkan anggaran di APBD Banjarmasin untuk mengucurkan bantuan kepada korban musibah kebakaran. Atau datang mengunjungi warga dan menyumbang langsung,” tutur H Imau.

Menurut dia, anggaran penanggulangan bencana khususnya musibah kebakaran dalam APBD Banjarmasin memang terbatas. Namun, kata Haji Imau, hal ini bisa diatasi jika anggota DPRD Banjarmasin datang ke lokasi dan melihat langsung kondisi sebenarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin sementara, HM Yamin menyambut positif kedatangan warga Alalak Tengah yang terdampak kebakaran dan berdialog langsung dengan mereka.

“Intinya, kami akan menyalurkan aspirasi mereka dengan mengajak seluruh anggota DPRD Banjarmasin untuk datang langsung ke lokasi. Tentu, bisa menyalurkan bantuan sembako dan bahan bangunan yang dibutuhkan para korban,” tuturnya.

BACA LAGI : Azan Bersahutan, Belasan Rumah di Alalak Tengah RT 12 dan 13 Dilahap Si Jago Merah

Legislator Partai Gerindra ini memastikan akan segera mengagendakan jadwal kunjungan langsung ke lokasi kebakaran di kawasan Alalak Tengah dan Alalak Selatan.

“Sebenarnya beberapa hari yang lalu, sudah ada meninjau bersama Pak Harry Wijaya (Ketua DPRD Banjarmasin sementara). Sebelumnya juga, ada anggota dewan datang kesana dan memberikan bantuan,” terang Yamin.

Untuk bantuan melalui anggaran dalam APBD Banjarmasin, Yamin memastikan dewan akan segera membicarakan hal itu dengan Walikota Ibnu Sina dan pejabat terkait. Hanya saja, beber Yamin, anggaran untuk para korban kebakaran sudah dianggarkan dalam APBD, namun proses pencairan masih terbentur masalah administrasi.

“Dari penuturan warga Alalak, memang yang dibutuhkan saat ini adalah dana tunai untuk membangun kembali rumah yang terbakar. Besar harapan kami, agar Pemkot Banjarmasin turut  untuk memikirkan nasib warga,” tandas Yamin.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.