Perkuat Jejaring Imigrasi, HSU dan HST Bakal Miliki Tim Pora

KEPALA Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan Agus Toyib secara resmi membuka rapat koordinasi tim pengawasan orang asing (Tim Pora) wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di Hotel Minosa Resort Amuntai, Rabu (11/9/2019)

TURUT hadir Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemkumham Kalsel Mas Budi Prayitno, Kepala Kantor Imigrasi Kalsel I TPI Banjarmasi Syahrifullah, Pejabat Pemkab HSU, Polres HSU, Kodim 1001/Amuntai, Kejari HSU, Kepala Lapas Amuntai, Kemenag HSU.

Agus Toyib mengatakan rapat tim Pora ini dalam rangka pembentukan tim pengawsan terhadap orang asing di dua Kabupaten HSU dan HST.

“Alhamdulillah setelah melakukan koordinasi dengan Bupati HSU H Abdul Wahid HK menyambut baik. Dan Bupati HSU siap memfasilitasi pembentukan melalui SKPD terkait,” ujar Agus panggilan akrabnya.

BACA : Rapat Timpora se-Kecamatan Kota Banjarmasin

Untuk peserta yang mengikuti rapat, diungkapkan mantan Kepala Kanwil Kemkumham Aceh menambahkan untuk di wilayah Kabupaten HSU dan HST memang belum ada orang asing.

“Namun tetap akan dibentuk tim Pora, untuk jangka panjang dalam rangka pengawasan keberadaan orang asing,” katanya.

Menurut Agus, keberadaan orang asing pasti ada kepentingan, bisa masalah pekerjaan, tenaga ahli di salah satu perusahaan,  obyek wisata, atau investasi.

BACA JUGA : Timpora Tanbu dan Kotabaru Periksa Sejumlah Perusahaan

“Imigrasi tidak bisa berkerja sendiri, harus bersama pengawasan orang asing. Kalau tidak ada dokumen, maka siap dideportasi orang asing tersebut. Maka perlu pembentukan tim Pora ini untuk memperkuat jejaring yang ada,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi GS