Pangdam VI/Mulawarman: Koramil Penjuru Terdepan Kodim

KODAM VI/Mulawarman menambah pangkalan Makoramil, yakni Koramil 0904-09/Muara Samu Kodim 0904/Tanah Grogot, Koramil 0909-07/Teluk Pandan Kodim 0909/Sangatta di wilayah Korem 091/Aji Surya Natakesuma, dan wilayah Korem 101/Antasari, yakni Koramil 1001-12/Halong Kodim 1001/Amuntai dan Koramil 1022-07/Angsana Kodim 1022/Tanah Bumbu.

PEMBENTUKAN Koramil baru berdasarkan Peraturan Kasad Nomor 18 tahun 2019 tertanggal 2 Juli 2019 tentang penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD, khususnya di Kodam VI/Mulawarman.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto didampingi Danrem 091/ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed, dan Wakil Bupati Paser H Kaharuddin, saat meresmikan mengatakan, dengan semakin berkembangnya kondisi sosial budaya masyarakat, pertambahan jumlah populasi penduduk serta pemekaran sejumlah Kecamatan di daerah yang semakin bertambah, Kodam menyetujui penambahan Koramil baru sesuai pertimbangan dan kajian untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan teritorial guna menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat.

Pangdam menuturkan, Koramil memiliki peran penting sebagai penjuru terdepan Kodim dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial oleh para Babinsa untuk menciptakan stabilitas wilayahnya.

Koramil baru yang diresmikan, sebagian besar merupakan peningkatan status dari Pos Ramil menjadi Koramil sebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial sekaligus memudahkan para Babinsa menjalankan tugas membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan dan kesulitan yang dihadapi.

Dengan adanya Koramil baru di harapkan tugas pembinaan kewilayahan oleh Babinsa dapat dilaksanakan secara efektif, efisien karena akan diikuti penambahan personel baru untuk meningkatkan kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat dalam meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Keberadaan para Babinsa di tengah-tengah masyarakat diharapkan bisa menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah dengan berbagai program teritorial baik melalui kegiatan bakti sosial, karya bakti maupun program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan pemerintah.

“Saya percaya Koramil baru akan memberi dampak positif dalam membentuk masyarakat produktif, memberikan kemudahan dalam hal koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait baik dari Polri, pemerintah kecamatan di tingkat Muspika. Keterpaduan kerjasama Koramil dengan para tokoh agama, masyarakat, adat, dan pemuda merupakan upaya nyata menyejahterakan masyarakat dan mendukung percepatan pembangunan di pedesaan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani