Kisah Keluarga Besar Suripno Sumas, Sering Diskusikan Soal Banjarmasin

SATU keluarga menjadi anggota dewan. Hal ini dirasakan keluarga besar Suripno Sumas. Dua putranya, Deddy Sophian dan Harry Wijaya serta sang menantu Hj Karmila Muhidin resmi menyandang titel wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Banjarmasin.

USAI pelantikan 55 anggota DPRD Kalsel, Suripno Sumas pun mengajak Hj Karmila Muhdin untuk berfoto bersama dua putranya, Deddy Sophian dan Harry Wijaya saat menjalani prosesi pelantikan massal 45 anggota DPRD Banjarmasin periode 2019-2024 di Gedung DPRD Banjarmasin, Senin (9/9/2019).

“Ya, kalau di dewan, saya sudah memasuki periode kedua. Sedangkan, adik saya, Harry Wijaya menjabat periode pertama di DPRD Banjarmasin. Walau dia dipercaya jadi Ketua DPRD Banjarmasin sementara, tidak mengganggu hubungan keluarga,” ucap Deddy Sophian berbincang dengan jejakrekam.com, Rabu (11/9/2019).

BACA : Muhidin Pilih Menantunya Harry Wijaya Isi Posisi Ketua DPRD Banjarmasin

Bagi dia, walau dirinya bersama sang ayah, Suripno Sumas merupakan wakil rakyat dari PKB. Sedangkan, adiknya Harry Wijaya dan iparnya, Hj Karmila Muhidin diusung PAN, tidak jadi masalah dalam keluarga besar.

“Itu hanya beda kendaraan politik. Yang pasti, tujuannya tetap sama ingin membangun Banjarmasin lebih baik lagi. Apalagi, kami sama-sama dipilih dari dapil Banjarmasin,” tutur legislator PKB ini.

Dia bercerita sewaktu Pemilu 2019, tidak ada koordinasi khusus saat sama-sama mencalonkan diri sebagai anggota dewan. Menurut Deddy, ayahnya Suripno Sumas dan iparnya, Hj Karmila bertarung di dapil Banjarmasin untuk perebutan kursi DPRD Kalsel. Sedangkan, Deddy berlaga di dapil Banjarmasin Barat. Sementara, Harry Wijaya berkompetisi di dapil Banjarmasin Timur.

“Memang, kalau berkumpul dalam acara keluarga. Yang kami bicarakan tentu bagaimana bisa memperjuangkan Banjarmasin sebagai ibukota Kalsel ini bisa lebih baik. Terutama, dalam pemberdayaan masyarakat kota dengan menciptakan lapangan kerja,” papar Deddy.

BACA JUGA : Dilantik Ketua PN Banjarmasin, Ini Formasi 45 Wakil Rakyat Ibukota Kalsel

Masih menurut dia, sebagai wakil rakyat ibukota Kalsel tentu bisa mendorong Pemkot Banjarmasin membuat program yang lebih banyak bersentuhan dengan masyarakat.

Deddy mencontohkan sewaktu duduk di Komisi IV DPRD Banjarmasin periode sebelumnya, terus didorong agar RSUD Sultan Suriansyah sebagai rumah sakit perdana milik pemerintah kota bisa melayani masyarakat kota lebih optimal.

“Caranya, kita usulkan dalam APBD Banjarmasin 2020 dianggarkan dana untuk RSUD Sultan Suriansyah. Termasuk, mendorong Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin agar segera melengkapi alat kesehatan dan fasilitas ruang rawat inap yang bagus bagi masyarakat, ketika rumah sakit ini resmi dibuka pada Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-493 nanti,” tutur Deddy.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS