Angin Kencang, Semak Belukar di Sungai Biuku Terantang Terbakar

SEMAK belukar yang berada di Jalan Sungai Biuku, tembus Terantang, Kelurahan Sungai Andai Banjarmasin Utara, terbakar pada Rabu (11/9/2019), sekitar pukul 15.15 Wita.

ASAP mengepul di tengah lebatnya semak belukar yang tak jauh dari pemukiman warga. Akses jalan tanah dan berbatu yang agak susah ke lokasi kejadian, ditambah sulitnya sumber air membuat proses pemadaman api cukup berlangsung lama.

Lebih satu jam api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 16.00 Wita. Kendala yang dihadapi para relawan pemadam kebakaran dan masyarakat sekitar saat melakukan pemadaman, akibat tiupan angin kencang ditambah dedaunan dan semak belukar yang telah kering, memicu api mudah merambat dan membesar.

BACA : Cerita di Balik Kebakaran Hebat di Dua RT Kelurahan Alalak Selatan

Luas lahan yang tebakar mencapai 0,1 hektare. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin bersama barisan pemadam kebakaran gabungan dan masyarakat akhirnya bisa menaklukkan si jago merah.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin HM Hilmi mengungkapkan lahan yang terbakar merupakan milik masyarakat. Saat ini, penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS