ACT

Mengagumkan, Tugu Nanas Tamban Setinggi 8 Meter Berdiri di Mekarsari

0 146

NANAS Tamban merupakan varietas unggulan asal Tamban, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan. Buah tropis yang ini memiliki kelebihan buahnya lebih besar, manis, mudah dikupas dan berduri daun lunak.

BAHKAN, nanas Tamban termasuk varietas unggulan dari Kalimantan Selatan, di samping beberapa buah lokal lainnya seperti langsat Tanjung, dukuh Padang Batung Hulu Sungai Selatan, mangga Pulau Kotabaru, cempedak Balangan dan durian Mantoala di Hulu Sungai Tengah (HST).

Tak mengherankan, akhirnya Pemkab Barito Kuala pun mengangkat varietas unggulan ini dalam Festival Nanas Mekarsari 2019 dihelat di Lapangan Sepakbla Hardoko, Desa Tamban Raya Km 12,5, Selasa (10/9/2019).

BACA : Animo Masyarakat Banjarmasin Beli Buah Lokal Kian Tergerus

Berbeda dengan even tahun sebelumnya, kali ini nanas Tamban pun diborong dari perkebunan milik masyarakat. Nanas-nanas itu disusun rapi dalam bentuk gunungan mirip kue tart setinggi 7 meter.

“Tahun lalu, kami bentuk ribuan nanas ini mirip kue tart setinggi 8 meter. Untuk menyusun nanas ini, ada 4.000 nanas yang dipakai,” ucap Camat Mekarsari, Mochammad Azis kepada jejakrekam.com, Selasa (10/9/2019).

Untuk menyelesaikan tower nanas raksasa itu ada puluhan pekerja dilibatkan. Mereka pun harus kerja lembur demi meriahnya Festival Nanas Mekarsari 2019.

“Sebelum digelarnya festial ini, saat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74, juga digelar Festival Nanas Kemerdekaan pada Agustus lalu. Festival ini juga diisi dengan para sepeda onthel dan kirab produk unggulan dari 9 desa yang ada di Kecamatan Mekarsari,” ucap Azis.

BACA JUGA : Gantikan Jeruk Sungai Madang, Jeruk Puntik Mulai Banjiri Pasar Buah

Sementara itu, Wakil Bupati Batola Rahmadian Noor berharap even ini bisa mengangkat keunggulan buah lokal yang sudah menasional itu.

“Kami juga memotivasi agar para petani bisa menghasilkan buah nanas super. Festival ini digelar sudah kali kedua. Ke depan, kami ingin festival ini tak hanya lingkup kabupaten, tapi juga berskala provinsi dan nasional. Jadi, provinsi tetangga bisa diundang untuk turut berpartisipasi,” tutur Rahmadian Noor.

BACA LAGI : Stan Buah Langka Balangan Diserbu Pengunjung

Ketua DPD Partai Golkar Batola ini mengatakan dengan digelar even berskala nasional tentu bisa menarik para wisatawan untuk datang berkunjung ke Batola. “Mereka bisa menikmati langsung buah unggulan dari Batola. Hari ini kami sudah membuktikan bisa membuat tugu atau tumpeng nanas raksasa dengan 4.000 buah,” tuturnya.

Rahmadian Noor pun bersyukur semangat gotong royong masyarakat Mekarsari sangat tinggi, sehingga even itu sukses dan melibatkan seluruh perangkat desa, unsur pemuda dari karang taruna hingga ibu-ibu yang aktif di Tim Penggerak PKK.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.