ACT

Dua RT di Alalak Selatan Kembali Dilanda Kebakaran

0 2.673

SEAKAN tak berjeda, kebakaran kembali melanda dua RT di Kelurahan Alalak Selatan, tepatnya di RT 04 dan 05 pada Selasa (10/9/2019) dinihari, sekitar pukul 03.00 Wita.

RAUNGAN sirene armada pemadam kebakaran membelah gelap malam seiring dengan pemadaman listrik oleh PLN secara serentak di kawasan Alalak Selatan, Alalak Tengah dan Alalak Utara. Ironisnya, lokasi kebakaran tak jauh dari peristiwa sebelumnya di dua RT 05 dan RT 06 Kelurahan Alalak Selatan pada Rabu (21/8/2019) lalu.

“Kebakaran ini lebih besar dibandingkan kejadian pada Agustus lalu. Dari perhitungan sementara yang kami lakukan bersama Ketua RT 05 Musliani, ya diprerkirakan lebih dari 50 rumah yang terbakar. Semua rumah berbahan kayu, sehingga mudah terbakar dan api pun berkobar lebih besar dibanding kejadian sebelumnya,” ucap Iberahim, warga Alalak Selatan kepada jejakrekam.com, Selasa (10/9/2019).

BACA : Terbaru Ada 21 Rumah Terbakar, Lurah Alalak Selatan Usulkan Dapur Umum

Menurut dia, berdasar informasi di lapangan, api diduga berasal dari rumah kosong yang berada di kawasan RT 04 Alalak Selatan. Api pun mudah melahap dan menjalar ke pemukiman padat penduduk di RT 05 Alalak Selatan.

Lebih satu jam proses pemadaman dilakukan warga bersama relawan berjibaku menaklukkan si jago merah. Langit pun tampak memerah dan hawa panas terasa. Beberapa warga Alalak Tengah dan Selatan pun berlarian menuju ke lokasi kebakaran jelang azan Subuh itu.

Saat kejadian, Sungai Alalak serta jaringan sungai tengah dangkal, sehingga petugas pemadam kebakaran cukup sulit mencari sumber air untuk memadamkan api. Warga Alalak Selatan pun bergotong royong menyelematkan barang berharga. Ada yang mengungsi ke rumah tetangga dan sanak keluarga. Sebagian lagi memilih bertahan di halaman dan serambi Masjid As Syuhada.

“Api datang begitu cepat, sehingga warga cukup terkejut. Padahal, di kawasan eks kebakaran, banyak warga yang berjaga malam,” tutur Iberahim lagi.

BACA JUGA : Bawa Kitab Sahih Bukhari, Warga Alalak Gelar Ritual Tolak Bala

Hingga berita ini ditayangkan, penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan aparat Polsek Banjarmasin Utara. Sementara untuk total rumah yang terbakar masih dalam perhitungan.

Usai shalat subuh, warga pun mengerubungi lokasi kejadian yang tak jauh dari lokasi sebelumnya, hanya berjarak tiga gang kecil di pemukiman padat penduduk di tepian Sungai Alalak tersebut.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin/Didi GS
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.