ACT

10 Blek Bubur Asyura di Murung Keraton Ludes Diserbu Warga

115

WARGA Kelurahan Murung Keraton, Martapura, Kabupaten Banjar memasak bubur asyura untuk dibagikan kepada masyarakat. Tradisi yang dijaga turun temurun ini merupakan warisan dari leluhur masyarakat Banjar.

BERTEPATAN dengan 10 Muharram 1441 H, warga Kelurahan Murung Keraton bahu membahu membuat pangan yang kaya gizi untuk disantap bersama maupun menu berbuka puasa sunat hari asyura.

Tidak kurang 10 blek beras dimasak para pria di Kelurahan Murung Keraton RW 02. Mereka sejak pagi sudah menyiapkan sejumlah rempah untuk memasak bubur asyura.

BACA : Jaga Tradisi Hari Asyura, Warga Alalak Tengah Masak Bubur 41 Bahan

Ahmad Syarif, salah seorang warga Murung Keratong mengatakan, sudah empat tahun warga RW 02 membuat bubur asyura. Kegiatan ini dilakukan pada setiap bulan Muharram, tepatnya pada hari kesepuluh.

“Bahan untuk membuat bubur asyura seperti beras dan rempah lainnya merupakan sumbangan warga. Sedangkan yang memasak hingga menjadi bubur adalah para pemuda RW di lingkungan ini,” beber Syarif kepada jejakrekam.com di Martapura, Selasa (10/9/2019).

BACA JUGA : Sekdaprov Dukung Berbagi 1000 Piring Bubur Asyura

Dia mengungkapkan panitia memasak bubur asyura juga menyediakan hadiah door prize bagi warga yang mengambil bubur asyura yang telah disediakan. Karenanya, acara peringatan 10 Muharram ini pun, makin meriah dan ramai, ketika warga yang berbondong-bondong datang.

“Ada 3.000 bungkus bubur asyura yang kami bagikan kepada warga RW 02 dan juga warga lainnya yang melintas,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.