ACT

Banjarmasin Dukung Meratus Masuk Geopark

103

PEMKOT Banjarmasin menyatakan dukungannya atas penetapan kawasan Pegunungan Meratus sebagai kawasan Geopark Nasional Indonesia.

DUKUNGAN tersebut ditulis dalam surat pernyataan yang ditandatangani Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. “Saya Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mendukung sepenuhnya penetapan kawasan Meratus sebagai Geopark Nasional Indonesia, sesuai dengan ketentuan 38C UNESCO tentang Pengembangan UNESCO Global Geopark,” ujarnya, Senin (9/9/2019).

Ia berharap, dengan adanya penetapan tersebut, ke depannya program-program pembangunan di Provinsi Kalsel mengacu pada penetapan tersebut, dan tetap mengakomodir kearifan lokal masyarakat adat. “Sehingga Geopark ini betul-betul menjadi kawasan reservasi, perlindungan, edukasi, pengembangan ekonomi masyarakat dan juga sebagai destinasi berwisata,” harapnya.

BACA : Dari Riset Balitbangda, Terinspirasi Eropa Muncul Ide Geopark Meratus

Dari informasi terhimpun, dukungan terhadap penetapan daerah dengan batas-batas yang disepakati untuk ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional itu, juga dilakukan oleh seluruh kepala daerah lain di Kalsel.

Pemprov Kalsel mendeklarasikan Geopark Nasional Pegunungan Meratus (GNPM), di Kiram Park, Kabupaten Banjar, pada 2018 lalu.

Tahun 2019 ini, Badan Pengelola GNPM akan fokus pada pengoptimalan dua geosite, yakni Kahung dan Matang Keladang. Selanjutnya, Pemprov Kalsel akan mengusulkan ke UNESCO untuk status internasional GNPM pada 2020 nanti.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.