Cetak Sejarah, 8 Ribu Goweser Meriahkan Gowes Nusantara Etape Banjarmasin

SEJARAH tertoreh dalam Gowes Nusantara 2019 etape Banjarmasin Seribu Sungai, Minggu (8/9/2019). Bertempat di Jalan RE Martadinata, depan Balai Kota Banjarmasin, ada 8 ribu peserta mengikuti even andalan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu.

TAK hanya para goweser, para penyandang disabilitas turut meramaikan rangkaian Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 yang dipusatkan di ibukota Provinsi Kalsel.

“Ajang Gowes Nusantara ini pertama kali digelar di Banjarmasin. Alhamdulillah, jumlah peserta bisa mencapai delapan ribu orang,” ucap Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin, Muhammad Taufik Rivan kepada awak media.

BACA : Ribuan Goweser Dipastikan Ikuti Gowes Nusantara

Dia menyebut untuk jumlah peserta Gowes Nusantara etape Banjarmasin tercatat dari pendaftaran melalui KTP mencapai lebih dari 5 ribu orang. Ini ditambah peserta dari tamu berbagai wilayah Indonesia dan seluruh kabupaten dan kota di Kalsel, hingga totalnya mencapai 8 ribu goweser.

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sebelum bendera start diangkat. Termasuk, 10 perwakilan penyandang disabilitas pun turut berbaris di depan panggung menyanyikan lagu ciptaan WR Soepratman tersebut dengan bahasa isyarat.

Untuk memeriahkan Gowes Nusantara, Staf Ahli Bidang Hukum Kemenpora H Syamsudin mengatakan drum band langsung didatangkan dari Banjarbaru. Marching Band Diva Swara Dharma Banjarbaru pun memperlihatkan atraksi kepada khalayak ramai.

BACA JUGA : Agar Tak Hilang Ditelan Zaman, Festival Pencak Silat Budaya Kuntaw Digelar

Usai sambutan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Deputi III Bidang Pemberdayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, ribuan peserta dengan berbagai jenis sepeda yang harus digenjot dilepas.

Mereka harus menempuh jarak sepanjang 24,9 kilometer, bermula dari depan Balai Kota hingga mengitari Kota Banjarmasin dengan titik yang telah ditentukan, hingga kembali ke Jalan RE Martadinata.

Sedangkan di tempat terpisah, hanya berjarak 1 kilometer tepatnya di kawasan Siring Sudirman, eks Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin, acara pemecahan rekor MURI untuk jumlah terbanyak peragaan karate dihelat.

BACA LAGI : Adu Keindahan Katingting Mengarungi Sungai Martapura

Sertifikat dari MURI pun diserahkan kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor karena berhasil menghimpun 5.500 karateka di kawasan itu, Minggu (8/9/2019) pagi.

“Ini luar biasa. Minimal kegiatan semacam ini bisa menginspirasi masyarakat untuk lebih giat berolahraga. Ini sesuai dengan cita-cita Haornas, berolahraga di mana saja dan kapan saja,” ucap Raden Isnanta.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS