Pemkot dan HIPMI Berkolaborasi Ciptakan Pengusaha Baru Kuat Secara Mental

0

WALIKOTA Banjarmasin H Ibnu Sina berharap Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kota Banjarmasin bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin untuk menciptakan pengusaha baru yang kuat secara mental dalam menghadapi era global.

SEIRING ditetapkannya daerah Kalimantan menjadi Ibu kota Negara Indonesia, Banjarmasin digadang sebagai daerah penyangga Ibu kota yang tentunya harus siap dalam menghadapi segala macam persaingan ekonomi. Khususnya bagi HIPMI dapat segera menyiapkan mental itu untuk bersaing dari pengusaha luar yang akan masuk ke Banua.

Hal tersebut diungkapkannya saat membuka kegiatan Diklat Cabang dan Rapat Kerja Cabang (Diklatcab dan Rakercab) BPC HIPMI Kota Banjarmasin, Sabtu (7/9/2019) di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI).

BACA: Akhir September, HIPMI Kalsel Gelar Musdalub Pilih Ketua Baru

“Dengan banyaknya jumlah orang yang akan pindah ke Kalsel maka tentunya akan menimbulkan persaingan, untuk itu mari kita semua bisa segera bersiap secara mental untuk tidak kalah bersaing dalam berbisnis dengan pengusaha luar yang nantinya bisa masuk ke Banjarmasin,” tegasnya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada HIPMI agar dapat berkolaborasi dengan Pemkot Banjarmasin, agar secara bersama sama dapat menciptakan pengusaha baru yang bisa bersaing secara sehat dengan mental yang kuat.

“Di masa kepemimpinan kami dengan Hermansyah, saya menargetkan dapat menciptakan minimal 2.500 pengusaha baru. Nah saya berharap HIPMI Banjarmasin bisa berkolaborasi dengan Pemkot Banjarmasin untuk dapat mewujudkan hal tersebut,” katanya.

Sampai sejauh ini dari sekitar 2.500 orang pengusaha baru yang ditargetkan, sudah dilatih sebanyak 2.017 orang. Dari sekitar 2.017 orang itu sekitar 50 persennya dianggap berhasil menjadi seorang pengusaha.

“Dari sekitar 1.000 tersebut kita saring lagi menjadi 100 orang. Mereka inilah yang kami latih baru-baru tadi di kegiatan Creative Technopreneur 4.0, agar bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk dan jasa mereka,” tambahnya.

BACA JUGA:HIPMI Kalsel Siap Menangkan Mardani di Munas HIPMI Pusat

Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Kota Banjarmasin Hairian Murwandi siap memberikan dukungan kepada Pemkot Banjarmasin untuk menciptakan pengusaha baru di Kota Seribu Sungai. Selama ini pihaknya rutin melakukan berbagai kegiatan untuk mendorong minat masyarakat untuk menjadi seorang pengusaha. Bahkan hingga saat ini sudah ada sekitar 50 pengusaha baru yang berhasil diciptakan oleh BPC HIPMI Kota Banjarmasin.

“Di satu tahun terakhir kepemimpinan saya, nantinya HIPMI akan banyak mendorong berbagai program, untuk bisa menarik minat generasi muda untuk berwirausaha. Melalui even Diklatcab dan Rakercab ini kita akan susun berbagai program tersebut,” ungkapnya.

Dilain pihak, PLT Ketua Badan Pengurus Dareah (BPD) HIPMI Kalsel Hamdillah menyebut, di HIPMI banyak hal yang tentunya bisa didapat oleh para pengusaha muda yang bergabung. Mulai dari jaringan bisnis, pelatihan wirausaha hingga peluang usaha.

“Jadi saya dalam kesempatan ini menghimbau bagi para pengusaha muda untuk bergabung di HIPMI. Tidak perlu menjadi pengusaha besar dulu untuk bergabung disini, tapi jika bergabung di HIPMI kita bisa dapat menjadi pengusaha besar,”imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.