Pangdam VI/Mulawarman Pastikan Akhir 2019 Korem 101/Antasari Dipimpin Brigjen

AKHIR 2019, pemegang komando Korem 101/Antasari akan berpangkat perwira tinggi brigadir jenderal (brigjen), bukan lagi perwira menengah tinggi berpangkat kolonel.

HAL ini dilontarkan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Jumat (6/9/2019) malam, usai makan malam dan ramah tamah dengan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, di Mahligai Pancasila.

“Dengan perubahan status Korem 101/Antasari dari tipe B ke tipe A, pangkat Danrem juga meningkat. Dari awalnya kolonel akan menjadi brigjen. Sementara, Dandim 1007/Banjarmasin yang awalnya letnan kolonel, saat ini sudah kolonel,” ucap Mayjen TNI Subiyanto.

Mantan Aspers Kasad ini mengatakan, dengan kenaikan pangkat ini otomatis menuntut sang komandan harus lebih berkualitas memberi sumbangan pemikiran untuk pemerintah daerah dan lainnya. “Dampaknya, diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya.

BACA : Dandim Banjarmasin Berpangkat Kolonel, Petinggi Korem 101/Antasari Bergeser

Diungkapkan Mayjen Subiyanto, berdasarkan kajian yang sudah dilakukan Mabes TNI Anggaran Darat, posisi Korem 101/Antasari yang berada di ibukota provinsi sangat layak untuk dinaikkan tipenya dari B ke A.

Apalagi, lanjutnya, luas Kalsel sekitar 3,9 juta hektare dengan jumlah penduduk mencapai 4 juta jiwa, turut menjadi faktor kewajaran jika status Korem 101/Antasari naik statusnya.

“Apakah nanti Danrem 101/Antasari yang ada saat ini dipertahankan dan langsung diberikan pangkat bintang satu? Saya tidak bisa berspekulasi, sebab yang menentukan itu adalah atasan saya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani