Ibukota ke Kalimantan, Balangan Harus Siapkan SDM Berkualitas

0

TERKAIT pemindahan ibukota negara ke Kalimantan, Balangan harus mampu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

KETUA Koalisasi Kependudukan Kalsel Taufik Arbain pada pelantikan Tim Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Kabupaten Balangan periode 2019-2023 di Aula Mayang Maurai, Komplek Perumahan Dinas Bupati Balangan, menyatakan jagan sampai orang Balangan tidak mampu berperan di ibukota negara yang baru. “Padahal secara geografis, posisi Balangan strategis dan dekat dengan ibukota negara yang baru,” katanya.

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM, ujarnya, bisa melalui pembentukan tim koalisi kependudukan. “Pembentukan tim koalisi kependudukan kabupaten bertujuan untuk mewujudkan pembangunan berwawasan kependudukan dan peningkatan kualitas SDM,” ujarnya.

Ia menambahkan, Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), merupakan tumpuan harapan karena bukan hanya bertujuan mengurangi jumlah kelahiran tetapi juga untuk peningkatan kualitas SDM.

BACA : Isu Kependudukan Penting Jadi Dasar Memetakan Pembangunan Daerah

“Koalisi kependudukan memiliki peran penting dalam menyiapkan penduduk yang berkualitas melalui pengendalian penduduk, baik secara kuantitas maupun kualitas,” katanya.

Pelantikan yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan tersebut, menetapkan Nursidah Ansharuddin sebagai ketua.

Selain pelantikan, juga digelar Seminar Kependudukan dan Pendewasaan Usia Perkawinan Guna Mendukung Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Balangan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.