ACT

Bupati-Wabup Kotabaru Berseteru, Sekdaprov Kalsel : Tim Sudah Dapatkan Data

0 1.471

KONFLIK berkepanjangan antara Bupati Kotabaru Sayed Jafar versus Wakil Bupati Burhanuddin, seakan tak ada titik temu. Hingga memicu pernyatan pengunduran diri dari Wabup Burhanuddin dari posisinya, akibat tidak harmonisnya hubungan dengan orang nomor satu di Pemkab Kotabaru.

PERSETERUAN keduanya ini pun sampai ke Jakarta. Hingga, Kementerian Dalam Negeri memerintahkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk segera menindaklanjuti dan mengatasi konflik antar kedua pimpinan daerah di Kotabaru itu.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Sekdaprov Abdul Haris Makkie mengaku telah membentuk tim khusus untuk mencari akar masalah konflik antara Bupati Sayed Jafar dengan Wabup Burhanuddin tersebut.

“Tim bentukan Pemprov Kalsel sudah turun ke Kotabaru. Tim juga menelisik ikhwal kisruhnya dua pimpinan daerah di sana. Semua keterangan telah didapat, termasuk data juga telah dihimpun tim,” ucap Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie kepada jejakrekam.com di Banjarbaru, Kamis (5/9/2019).

BACA : Hormati Raja I Pulau Laut, RSUD Kotabaru Berganti Nama Pangeran Jaya Sumitra

Dari semua keterangan data yang didapat dari kedua belah berseteru, Haris Makkie menyebut saat ini tim tengah mempelajari untuk mengambil sebuah kesimpulan.

“Yang pasti, kami berpendapat agar konflik antara Bupati Kotabaru dengan Wabup Kotabaru itu harus diselesaikan secara bijak, jangan sampai merugikan daerah, terkait pelayanan publik,” ucap Ketua PWNU Kalsel ini.

Terpisah, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel Adi Santoso mengungkapkan tim yang telah turun ke Kotabaru pada Agustus 2019 lalu. Hasilnya, menurut dia, konflik antar dua pimpinan daerah itu telah dihimpun dari berbagai keterangan dan data untuk diambil sebuah kesimpulan.

“Kami juga melakukan crosscheck data dan informasi dari kedua belah pihak yang bersengketa, baik dari Bupati Kotabaru maupun Wakil Bupati Kotabaru. Termasuk, informasi yang didapat dari kalangan internal di Pemkab Kotabaru,” ucap Adi Santoso.

BACA JUGA : Bermasalah di Kebijakan Rotasi Pejabat, Tak Mudah Makzulkan Bupati Kotabaru

Menurut dia, hasilnya akan disimpulkan oleh tim dan dilaporkan kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor serta Kemendagri di Jakarta, sehingga bisa diambil langkah bijak dalam menyikapi konflik antara Bupati Sayed Jafar dengan Wabup Kotabaru Burhanuddin tersebut.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.