ACT

Pembukaan dan Penutupan Masa Pendidikan Akper Kesdam VI/Mulawarman

75

AKADEMI Keperawatan (Akper) Kesdam VI/Mulawarman selama ini telah berkembang pesat. Kemajuan ini bukan puncak dan akhir dari perjuangan, justru menjadi awal semangat segenap civitas akademika untuk berupaya berbuat dan memberikan pelayanan terbaik sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

PADA acara penutupan dan pembukaan Mahasiswa Akper Kesdam VI/Mulawarman bertempat di Aula Rumah Sakit Tingkat III dr R Soeharsono Banjarmasin, Rabu (4/9/2019), yang dipimpin Kakesdam VI/Mulawarman Kolonel Ckm dr Puguh Santoso, menutup pendidikan dengan meluluskan 68 orang, terdiri 19 tugas belajar dan 50 mahasiswa umum, sekaligus membuka pendidikan nahasiswa baru dengan jumlah siswa didik 78 orang, yang terdiri dari 20 dari tugas belajar dan 58 dari mahasiswa umum.

“Mahasiswa dinyatakan lulus adalah mahasiswa yang telah mengikuti dan menempuh pendidikan selama 3 tahun atau 6 semester,” ungkap Kolonel Ckm dr Puguh Santoso.

Diungkapkannya, mereka kuliah atau teori dalam kelas, praktik dalam laboratorium, keterampilan praktik skillab, praktik klinik keperawatan sebagai bentuk aplikasi ilmu dan keterampilan dalam memberikan asuhan Keperawatan secara kompherensif. “Baik dilaksanakan di rumah sakit, puskesmas panti werda, rumah sakit jiwa, maupun di pelayanan masyarakat langsung,” katanya.

Kemudian ujian akhir program yang terdiri dari seminar proposal, ujian praktik dan ujian hasil KTI (dalam bentuk studi kasus), serta mereka sudah dibekali dengan kegawat daruratan yang nantinya bisa dipakai dalam penanganan pasien darurat.

Kepada seluruh lulusan agar mampu menerapkan ilmu dan keterampilan di masyarakat sesui dengan apa yang telah diperoleh selama mengukuti pendidikan, mampu melaksanakan fungsi sebagai perawat pelaksana yang profesional yang berpegang teguh pada kode etik keperawatan, dan juga mampu bersikap sebagai seorang akademis yang bisa menjaga martabat harga diri dan berkontribusi mengharumkan nama almamater/intitusi Akper Kesdam VI/Mulawarman,” tuturnya.

Kakesdam juga berpesan kepada mahasiswa baru agar nanti bersungguh-sungguh dalam mengikuti pendidikan diploma III dan harus melewati beberapa tahap proses pembelajaran, baik di kelas, di laboratorium, maupun di lahan praktik.

Kakesdam VI/Mulawarman juga berencana akan membuka program studi baru, yakni prodi D4 rekam medis informasi kesehatan dan D4 kesehatan dan keselamatan kerja pada tahun 2020 mendatang, sesuai rencana strategis 2015-2020.

“Semoga direktur serta staf dapat merealisasikan keinginan tersebut hingga perguruan tinggi ini dapat berkembang menjadi Politeknik Kesdam VI/Mulawarman,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.