ACT

Kunker di Akhir Jabatan, LSM Tuding DPRD Banjar Pakai Aji Mumpung

0 260

TERKESAN aji mumpung, kunjungan kerja (kunker) anggota DPRD Kabupaten Banjar menjelang akhir masa jabatan ke luar daerah disorot aktivis LSM sebagai sebuah pemborosan anggaran pemerintah daerah.

DIAGENDAKAN pada Rabu (4/9/2019), sebanyak 45 anggota DPRD Banjar terpilih hasil Pemilu 2019 akan segera dilantik. Sementara, para wakil rakyat edisi Pemilu 2014 memilih kunker sejak 1-3 September 2019.

“Sepatutnya anggota DPRD Banjar itu menahan diri untuk tidak melakukan kunjungan kerja (kunker) menjelang berakhir masa jabatannya yang tinggal hitungan hari itu. Jadi, kesan aji mumpung sangat kuat dalam hal ini,” ucap Direktur LSM Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Kalsel Akhmad Husaini kepada jejakrekam.com di Martapura, Minggu (1/9/2019).

BACA : Diawali HSU-Tapin, Diakhiri DPRD Banjarbaru, Ini Jadwal Pelantikan Wakil Rakyat Baru

Dia menilai kunker dewan lama itu tidak akan berpengaruh terhadap kinerja secara kelembagaan dan bermanfaat bagi daerah. “Bagaimana pun, keputusan politik tentu akan dilakukan anggota DPRD Banjar periode berikutnya. Malah terkesan hanya ingin menghabiskan anggaran saja,” ucap Husaini.

Ia menyarankan alangkah eloknya jika DPRD Banjar memberi kesan baik di akhir masa jabatannya, bukan malah melaksanakan kunker meninggalkan daerah.

Setali tiga uang, aktivis Parlemen Jalanan Kalsel Badrul Ain Sanusi menuding kunker di masa akhir jabatan merupakan tindakan wakil rakyat yang bisa berpotensi merugikan uang negara.

“Jelas, penggunaannya mubazir atau dalam bahasa kasanya mengkhianati masyarakat. Untuk apa mereka kunker, karena masa jabatannya segera berakhir,” cecar Badrul Ain.

Sepatutnya, menurut dia, DPRD Banjar jelang masa pergantian untuk menyodorkan prestasi apa saja yang dicapai selama lima tahun bagi masyarakat.

BACA JUGA : Agus Maulana Peraih Suara Terbanyak, Ini 45 Anggota DPRD Banjar Terpilih

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Banjar, Saidan Pahmi embenarkan seluruh komisi di DPRD Banjar melakukan Kunker di akhir masa jabatan

“Memang betul seluruh Komisi di DPRD Banjar melakukan kunjungan kerja di akhir masa jabatan ini. Yang pasti, kunker di akhir masa jabatan bukan hanya DPRD Banjar. Silakan cek saja, mulai DPRD Provinsi Kalsel, hingga kabupaten dan kota juga melakukan hal serupa,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

“Saya menghargai kritik dari masyarakat, media dan LSM, sebab itu sangat penting untuk menjadi kontrol bagi saya selaku anggota legislatif,” pungkas Saidan Pahmi.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.