Musim Kemarau, Pemakaian Air PDAM Bandarmasih Meningkat Tajam

0

PEMAKAIAN air bersih PDAM Banjarmasin mengalami peningkatan. Hal ini tak terlepas dari semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap air lending, hingga mengalami penurunan kapasitas.

DIREKTUR Operasional PDAM Bandarmasih Supian mengungkapkan sistem pengolahan di perusahaan air milik Pemkot Bajarmasin ini tidak mengalami perubahan seperti penurunan kapasitas.

“Namun, pengurangan distribusi air ke pelanggan ini lantaran meningkatnya kebutuhan air pada wilayah di pesisir Sungai Barito yakni Pulau Bromo dan Mantuil,” ucap Supian kepada awak media di Banjarmasin, Sabtu (31/8/2019).

Supian menjelaskan, di wilayah pesisir sungai memiliki potensi untuk disalurkan lagi ke luar Banjarmasin. Sebab, saat musim kemarau ini, Supian mengatakan banyak sekali klotok ataupun kapal yang singgah untuk membeli air kepada warga.

BACA : Pelanggan PDAM Intan Banjar Sulit Dapat Air Bersih, Dibantu PDAM Bandarmasih

“Contohnya di daerah Mantuil. Mereka dulunya rata-rata menggunakan 10 kubik untuk pribadi. Namun saat klotok ataupun kapal yang datang untuk meminta bisa mengalami penambahan hingga 20 persen dari normal pemakaian,” ucapnya.

Untuk itu, menurut dia, pada wilayah tersebut yang sebelumnya sudah didistribusikan sesuai volume penggunaan mengalami kelonjakan yang berdampak pada penurunan kebutuhan pelanggan lain.

“Jadi, saya pastikan PDAM tidak ada mengurangi pendistribusian. Volume tetap, tetapi kebutuhan meningkat,” ucapnya.

BACA JUGA : Ancam Pindah ke PDAM Bandarmasih, Warga Griya Tembikar Asri Lapor ke Gubernur

Supian menambahkan, menurut informasi di lapangan meningkatnya permintaan air di Pulau Bromo dan Mantuil ini bukan berasal dari wilayah Banjarmasin, melainkan Tamban dan wilayah tetangga di Kabupaten Barito Kuala.

PDAM Bandarmasih, diakui Supian, sudah mengantisipasi dengan menyiapkan tondon untuk menghindari masyarakat mengambil langsung dari pipa.

“Kami sudah tempatkan tondon air di wilayah Mantuil dan Pulau Bromo untuk menghindarkan pelanggan menyedot langsung dari pipa. Tapi ternyata sebagian mengambil langsung dari pipa, sehingga ada pengurangan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.