PDI Perjuangan Sodorkan Dua Nama untuk Mengisi Wakil Ketua DPRD

0

PELANTIKAN 45 anggota DPRD Kota Banjarmasin terpilih hasil Pemilu 2019, tinggal menghitung hari. Dari komposisi 45 DPRD terpilih, raihan kursi terbanyak disabet PAN dengan raihan 9 kursi.  Otomatis posisi Ketua DPRD ditempati PAN.

POSISI kedua digenggam  Gerindra dengan raihan 6 kursi sama dengan Partai Golkar. Namun parpol besutan Prabowo Subianto ini lebih unggul dalam raihan suara.  Praktis posisi wakil Ketua I dan II diduduki Gerindra dan Golkar.  Sedangkan posisi wakil ketua III, diraih PDIP dengan capaian 5 wakil rakyat yang terpilih dari Pileg 2019 lalu.

Lantas siapakah yang bakal duduk di jabatan unsur pimpinan DPRD Kota Banjarmasin? DPW PAN Kalsel menyiapkan dua nama yakni Harry Wijaya atau HM Faisal Hariyadi. Hanya saja, Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin mengisyarakkan Harry Wijaya bakal ditampuk menjadi Ketua DPRD Banjarmasin periode 2019-2024.

BACA: Gelar Pleno, DPD Golkar Putuskan Hj Ananda Mengisi Kursi Wakil Ketua DPRD Banjarmasin

Sementara posisi Wakil Ketua I DPRD Banjarmasin, Partai Gerindra mengindikasikan bakal menunjuk ketua DPC Gerindra, Muhammad Yamin dan Hj Ananda dari Partai Golkar sebagai wakil ketua II.

Lalu bagaimana dengan posisi wakil ketua III yang menjadi milik PDIP? Ketua DPC PDIP Banjarmasin Muhaimin mengatakan, partainya menyiapkan dua nama yang bakal mengisi posisi wakil ketua III.

“Hari ini sudah masuk tahap fit and proper tes di DPP PDIP. Ada tiga nama yang disodorkan, namun yang dipanggil DPP ada dua orang, yakni Tugiatno dan Taufik Husin,” kata Muhaimin kepada Jejakrekam.com, Rabu (28/8/2019).

BACA JUGA: Muhidin Pilih Menantunya Harry Wijaya Isi Posisi Ketua DPRD Banjarmasin

Wakil Ketua DPRD Kalsel periode 2014-2019 ini menyebut, dalam pekan ini sudah ada nama final yang bakal disiapkan partai berlambang banteng ini untuk menduduki posisi wakil ketua III DPRD Banjarmasin.

Muhaimin memastikan, posisi pimpinan dewan mutlak berada di tangan DPP PDIP. Sedangkan jajaran pengurus DPC PDIP hanya mengusulkan nama kader ke DPP.

“Semua tingkatan DPRD Kabupaten/kota dan provinsi seluruh Indonesia, DPP PDIP yang bakal menentukan kader yang duduk di unsur pimpinan dewan,” ucap Muhaimin.

BACA LAGI: Empat Nama Pengisi Kursi Pimpinan DPRD Banjarmasin Beredar

Ia mengatakan, syarat yang patut dpenuhi kader untuk mengisi unsur pimpinan dewan adalah pernah terpilih menjadi anggota DPRD dan menjabat di struktural partai.

“Tugiatno kan sekarang menjabat sekretaris DPC PDIP Banjarmain. Sedangkan Muhammad Taufik, wakil ketua DPC bidang kehormatan dan Suyato wakil ketua DPC bidang organisasi,” kata dia.

Muhaimin menyiratkan tidak masuknya dua kader PDI P yakni Muhammad Natsir dan SN Samosir dibursa wakil ketua III DPRD Banjarmasin karena ada syarat yang tak bisa dipenuhi. “Muhammad Natsir tidak masuk pengurus partai dan SN Samosir belum pernah duduk di DPRD. Jadi mereka berdua tidak diusulkan,” pungkas Muhaimin.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Husaini
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.