ACT

Dayak Meratus di Desa Kapul Bakal Gelar Aruh Baharin

178

WARGA Dayak Meratus di Desa Kapul, Kecamatan Halong kembali akan mengelar Ritual Aruh Adat Baharin.

GELARAN adat Dayak khas Halong ini rencana akan digelar selama tujuh hari yakni dari 24 hingga 31 oktober mendatang, dimana pada 27 Oktober menjadi puncak kegiatan.

Persiapan pun sudah dimulai sejak saat ini, dimana bukan hanya masyarakat Desa Kapul yang terlibat tetapi juga jajaran Koramil Juai yang turut serta dalam kegiatan gotong royong persiapan aruh Baharin tersebut.

Koramil Juai, Kapten Antonios DW menyampaikan, pihaknya khususnya anggota Babinsa turut serta terlibat dalam persiapan pelaksanaan aruh Baharin.

“Anggota Babinsa kita libatkan dalan pelaksanaan gotong royong pembangunan tenpat pelaksanaan Aruh Baharin yang akan dilaksanakan warg Desa Kapul,” ucapnya.

Kegiatan gotong royong ini, kata Antonios, dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Babinsa terhadap masyarakat di desa binaan.

Selain itu, kata Antonios, kegiatan ini juga dalam upaya memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong ditengah masyarakat serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan.

“Ini juga upaya kita menjaga kebudayaan daerah yang merupakan modal besar kita dalam menjaga kebudayaan bangsa,” bebernya.

Terpisah, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Balangan sekaligus tokoh masyarakat Desa Kapul, Mandan menyampaikan, ritual adat Baharin ini merupakan ungkapa rasa syukur warga kepada Ning Bahatara (Tuhan Yang Maha Esa-red) atas kelimpahan panen, kesehatan dan keberhasilan dalam kehidupan.

“Ini merupakan ritual yang rutin kita lakukan, terutama setiap kali selesai panen,” bebernya.

Selain itu, kata Mandan, kegiatan aruh adat ini juga bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan peradaban budaya Dayak Halong Balangan kepada masyarakat yang lebih luas.

“Dalam rangkaian aruh adat Baharin ini nantinya, tiap tahapannya akan diiringi tetabuhan musik tradisional yang menjadi pengiring tari khas suku adat Dayak yakni Bagintur,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.