ACT

Hujan Tak Turun, Tiga Daerah di Kalsel Alami Kekeringan Ekstrem

0 213

SAAT ini, ada tiga daerah di wilayah Kalimantan Selatan dilaporkan mengalami kekeringan ekstrem. Tiga daerah itu berada di Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Kotabaru.

UNTUK di Kabupaten Banjar tersebar di kawasan Danau Salak, Kecamatan Astambul meliputi Lawa, Gunung Sari, Tanjung Baru dan Atantik.

Sementara di Kabupaten Batola mencakup Kecamatan Barambai; di Desa Kolam Kanan, Kecamatan Mekasari atau Tamban Raya Baru, dan di Pulau Laut Kepulauan atau Tanjung Lala di Kabupaten Kotabaru.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan Wahyuddin melalui Kepala Sub Bidang Kesiapsiagaan Muhari menuturkan kategori kekeringan ekstrem diidentifikasikan dari hari tanpa hujan (HTH) yang mencapai kurang lebih 60 hari secara berturut-turut.

BACA : Banjarmasin, Kota Sungai Dihantui Bayang Krisis Air Bersih ‘Abadi’

“Berdasarkan informasi dari BMKG menjelaskan kekeringan ekstrem terjadi akibat musim kemarau yang terjadi,” ucap Muhari kepada jejakrekam.com, Sabtu (24/8/2019).

Menurut dia, ada laporan dasarian II Agustus 2019, Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya mengalami hari tanpa hujan dengan kriteria sangat pendek berdurasi 1-5 hari hingga kekeringan ekstrem kurang lebih 60 hari sampai dengan updating data. Namun terdapat juga beberapa daerah yang mengalami masih ada hujan.

BACA JUGA : Sumber Air Mulai Asin, Pulau Bromo Dihadiahi Sedekah Air

“Dampaknya bagi daerah yang terkena kekeringan ektrem antara lain seperti berkurangnya pasokan sumber air, peningkatan potensi kebakaran lahan dan hutan meningkatkan kerawanan terhadap kesehatan,” ujar Muhari.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.