Pemkab Banjar Kembangkan Inovasi MPP Berbasis Digital, Ini Keunggulannya

0

MOMENTUM Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-69 dengan tema bekerja bersama dan berinovasi menuju kabupaten sejahtera dan barokah telah ditandai dengan beragam keberhasilan di masa pemerintahan Bupati Banjar H Khalilurrahman dan Wabup H Saidi Mansyur.

INOVASI berbasis digital dalam menjawab tantangan revolusi industri 4.0, Bupati Banjar yang akrab disapa Guru Khalil pun tengah mencanangkan Mall Pelayanan Publik (MPP) untuk mempermudah, mempercepat dan memadukan semua layanan dalam satu kesatuan.

“Jadi, semua layanan publik pada setiap instansi akan masuk MPP. Sesuai karakter daerah yang islami dan berjuluk Kota Serambi Makkah, ke depan akan mewarnai berbagai layanan kepada masyarakat lewat MPP ini,” ucap Guru Khalil dalam sambutannya di puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-69 di halaman Kantor Bupati Banjar, Martapura, Kamis (22/8/2019).

Ia memastikan MPP yang ada di Kabupaten Banjar akan disentuh inovasi pengembangan dan pengunaan layanan informasi berbasis revolusi industri 4.0.

BACA : Silakan Berinvestasi di Kabupaten Banjar Asalkan Jangan Langgar Aturan

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Banjar H Mokhamad Hilman. Ia menyebut ide pendirian MPP berasal dari Bupati Banjar, usai studi komparasi daerah lain yang terbukti berhasil dan efektif dalam menjalankan konsep pelayanan prima kepada masyarakat.

“Namun, MPP Kabupaten Banjar akan memiliki kekhasan yang berbeda dengan daerah lain, terutama dalam sajian menu layanan,” ucap Plt Kepala Dinas PUPR Banjar ini kepada jejakrekam.com, Jumat (23/8/2019).

Hilman menguraikan layanan yang sudah di MPP, akan ditambah inovasi baru seperti layanan ibadah zakat, ibadah kurban, konsultasi keagamaan hingga mempermudah layanan nikah terpadu lengkap dengan prosesi selamatan atau resepsi.

“Jadi, selain saran fisik yang akan disiapkan berupa tatanan bangunan, interior dan ruang luar, tidak kalah penting adalah menyiapkan sistem tata kelola layanan model sistem informasi atau aplikasi berbasis IT yang mudah, cepat dan ekonomi. Tujuan utamanya, tentu bisa diakses berbagai pihak dan di mana pun berada,” papar jebolan magister teknik ITS Surabaya ini.

BACA JUGA : Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Apresiasi Peningkatan SDM Kabupaten Banjar

Hilman menambahkan lokasi yang dipilih untuk sarana MPP adalah Gedung Juang milik Pemkab Banjar di Martapura. Ia memastikan lahan tersebut secara berthaap akan dikembangkan dan ditata sesuai kebutuhan MPP.

“Tahun 2019 ini, fasilitas fisik MPP sudah digarap pembangunannya, terutama bagian interior ruang pelayanan. Nantinya, pada 2020 mendatang, MPP sudah bisa beroperasi dan melayani publik,” kata Ketua Umum Martapura FC ini.

Ke depan, papar Hilman, di kawasan MPP akan dibangun berbagai fasilitas penunjang dalam mendukung pelayanan, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan jajaran instansi di bawah Pemkab Banjar.

BACA LAGI : Sabet Penghargaan Nasional, Ini Prestasi Ditorehkan Pemkab Banjar

“Ternyata, rencana pembangunan MPP ini justru diapresiasi baik dari pihak perbankan, kepolisian, kejaksaan serta berbagai pihak yang berminat bergabung memanfaatkan fasilitas milik Pemkab Banjar ini,” cetus Hilman.

Ia berharap MPP Pemkab Banjar bisa menjadi contoh sistem pelayanan yang sarat dengan inovasi baru mengedepankan konten lokal dalam berbagai layanan yang diberikan.

“Tentu, kami tak lupa memadukannya dengan penerapan model layanan berbasis digitali sebagai bagian dari revolusi industri 4.0,” imbuh Hilman.(jejakrekam)

 

 

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.