ACT

Yanuaris Baru: Jangan Telan Informasi Mentah-mentah

0 99

KETUA Ikatan Mahasiswa Papua (Imapa) Kalsel Yanuarius Baru menilai kasus yang dialami mahasiswa di Surabaya buntut dari informasi yang ditelan mentah-mentah.

HAL itu terjadi karena ada tiang dan bendera Merah Putih yang patah di depan asrama Papua, dan dianggap mahasiswa Papua sebagai penyebabnya. Padahal, tidak tahu apakah benar bendera itu jatuh karena ulah mahasiswa asal Papua atau bukan,” kata Yanuaris kepada jejakrekam.com, Rabu (21/8/2019).

Ia menilai kasus ini tidak akan terjadi apabila ormas dan aparat meneliti siapa penyebab bendera Merah Putih jatuh ke selokan air, bukan langsung melakukan tindakan represif.

Yanuaris menyebut kasus ini menjadi pelajaran bersama agar tidak bisa cepat menyimpulkan sasuatu yang sensitif, terlebih bersinggungan dengan masyarakat Papua.

BACA : Antisipasi Isu Rasisme Menyebar, ULM Kumpulkan Mahasiswa asal Papua

“Kita gali informasi dulu, jangan langsung lihat informasi yang kita dapat melalui video melalui apa langsung kita bereaksi,” katanya.

Yanuaris meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu yang belum terbukti kebenarannya, agar tindakan rasis dan diskriminatif tidak akan terjadi lagi.

“Saya belum pernah alami tindakan diskriminatif selama di sini. Semoga mahasiswa Papua tetap diterima dengan baik oleh masyarakat Kalsel,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.