ACT

Data Korban Kebakaran di Alalak Selatan Diperbarui, Ada 212 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

0 291

DATA jumlah rumah berikut korban kebakaran yang terjadi di perbatasan RT 05 dan 06, Kelurahan Alalak Selatan, masih simpang siur. Berbagai versi mencuat. Ada versi warga, Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin hingga Tagana Dinas Sosial Provinsi Kalsel.

LAPORAN dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Tagana Dinas Sosial Provinsi Kalsel mencatat dalam peristiwa kebakaran yang terjadi Rabu (21/8/2019) sore itu, terdapat 23 buah rumah yang terbakar. Korbannya, ada 33 kepala keluarga dengan 127 jiwa.

TRC Tagana Dinas Sosial Kalsel merincikan ada dua rumah rumah bedak, 16 rumah biasa yang mengalami rusak berat. Tiga rumah rusak ringan dan dua buah rumah rusak sedang.

Versi Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin HM Hilmi justru mencatat hanya 18 buah rumah dan satu bedakan dengan lima pintu yang hangus. Korban rumah yang terbakar dihuni 21 kepala keluarga dengan 77 jiwa. Bahkan, BPBD Banjarmasin mencatat ada satu warga yang mengalami luka robek dan telah ditangani medis.

BACA : Wawali Hermansyah Sebut Pemicu Kebakaran Akibat Korsleting Listrik

Sedangkan, data sementara yang dimiliki pihak Kelurahan Alalak Selatan, hanya mencatat 17 buah rumah hangus, selain rumah bedakan di kawasan dekat pabrik pengolahan kayu itu. Terdata, ada 19 kepala keluarga (KK) di RT 05 Alalak Selatan, dan RT 06 tercatat hanya lima KK, totalnya 24 KK.

Gara-gara simpang siurnya data itu, Ketua RW 01 Alalak Selatan yang membawahi RT 05 dan 06, Kaspul Anwar mengatakan pihaknya langsung melakukan pendataan ulang, berdasar keterangan warga serta data kartu keluarga korban kebakaran.

“Hasilnya, ada 31 kepala keluarga dengan 121 jiwa yang menjadi korban kebakaran di dua RT di Kelurahan Alalak Selatan. Dengan rincian, ada 84 jiwa di RT 05 dan 37 jiwa di RT 06 Alalak Selatan,” ucap Kaspul Anwar kepada jejakrekam.com, Rabu (22/8/2019).

BACA JUGA : Terbaru Ada 21 Rumah Terbakar, Lurah Alalak Selatan Usulkan Dapur Umum

Para pemilik rumah yang harus kehilangan tempat tinggal adalah Maimanunah 7 jiwa,  M Arsyad 4 jiwa,  Kodin 3 jiwa,  Sarbini 6 jiwa,  Fitriani 6 jiwa,  Lina 2 jiwa,  Abu Hanifah 2 jiwa,  Agus 4 jiwa, Lena 4 Jiwa, Yeni 4 jiwa,  Hamdani 3 jiwa,  Indra 3 jiwa,  Teddy  4 jiwa,  H Imas 3 Jiwa,  Sidul 4 jiwa,  Achmad 4 jiwa,  Said 5 jiwa,  Safuani 2 jiwa,  Dodong 1 jiwa,  Syahrani 2 jiwa,  Harun 2 jiwa,  Zaini 4 jiwa,  Suna 3 Jiwadan Hamidah 2 jiwa yang merupakan warga RT 05 Alalak Selatan.

Kemudian untuk RT 06 sebanyak 37 jiwa yakni atas Nama : Hj Dewi 3 jiwa,  Sunadi 6 jiwa,  Heni 4 jiwa,  Surya 5 jiwa,  Kasim 6 jiwa,  Abdul Basit 6 jiwa dan Bahran 7 jiwa.(jejakrekam)

Penulis Asyikin /Sirajuddin
Editor DIdi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.