Terbaru Ada 21 Rumah Terbakar, Lurah Alalak Selatan Usulkan Dapur Umum

USAI pendinginan di lokasi kebakaran yang berada di wilayah perbatasan RT 5 dan RT 6 Kelurahan Alalak Selatan, warga pun tampak berduyun-duyun mendatangi lokasi, Rabu (21/8/2019), sekitar pukul 17.15 Wita.

GARIS polisi pun dipasang pihak Polsek Banjarmasin Utara agar warga tak melintas, karena masih dalam proses penyelidikan mengenai penyebab kebakaran hebat di sore hari itu. Tampak warga berdatangan ke lokasi. Sementara para petugas dari BPBD dan Tagana serta relawan BPK membersihkan puing-puing sisa kebakaran.

Warga Alalak Selatan, Iberahim mengakui banyak rumah sanak keluarganya yang menjadi korban amukan si jago merah. Ia mengungkapkan karena kondisi rumah yang berdempetan dan rapat serta berbahan dasar kayu, sehingga membuat api makin mudah membesar dan melalar ke rumah lainnya.

BACA : Ditiup Angin, Api Membesar, 4 Rumah Di Alalak Selatan Ludes Terbakar

Sementara itu, halaman Masjid Syuhada pun menjadi titik kumpul warga untuk menyelamatkan barang berharganya. Termasuk, beberapa rumah warga yang jauh dari lokasi kebakaran.

Arbani Kurdi, warga Alalak Selatan lainnya mengungkapkan awal api diduga berasal dari rumah kosong yang listriknya tengah mengalami korsleting. Ia mengakui kondisi gang sempit di lokasi kebakaran juga sempat merepotkan warga dan pemadam kebakaran untuk menjinakkan api.

“Tapi, untungnya sumber air masih tersedia, sehingga cukup cepat untuk dipadamkan, sehingga tidak bertambah lagi jumlah rumah yang terbakar,” ucap Arbani.

Ketua RT 15 Kelurahan Alalak Selatan, Musliah mengungkapkan sedikitnya ada 21 rumah yang terbakar, setelah bisa dilihat di lokasi kebakaran. Ia pun mengakuri dugaan sementara awal api berasal dari rumah kosong, hingga percikan api makin membesar ditiup angin, dan menyebar ke rumah tetangganya.

BACA JUGA : Azan Bersahutan, Belasan Rumah di Alalak Tengah RT 12 dan 13 Dilahap Si Jago Merah

Sementara itu, Lurah Alalak Selatan Ahmad Dedi Fernadi juga menambahkan sedikitnya ada 21 rumah yang terbakar dihuni ratusan jiwa. Pengusulan dapur umum seperti yang diterapkan kepada keluarga korban kebakaran di Kelurahan Alalak Tengah RT 12 dan RT 13 telah dikoordinasikan ke dinas terkait.

“Saat ini, kami melakukan pendataan untuk mendapat bantuan dari Dinas Sosial Kota Banjarmasin dan instansi terkait lainnya. Yang pasti, kami telah mengusulkan agar dibuat dapur umum untuk membantu korban kebakaran yang tentu kesulitan untuk beraktivitas pasca musibah ini,” ucap Dedi Fernadi.(jejakrekam)

 

 

 

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi