Pramuka Harus Berperan sebagai Penggerak Penyelamat Lingkungan

0

DI USIA yang ke-58, Gerakan Pramuka telah melalui perjalanan yang panjang serta berharga dalam tonggak sejarah untuk memotivasi semangat dan membangun kemandirian generasi muda untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter.

HAL tersebut dikemukakan Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalsel H Sahbirin Noor yang bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat daerah di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Selasa (20/8/2019).

Peringatan Hari Pramuka tahun ini mengambil tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”. Sebagai alat pendidikan bagi generasi muda, Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatannya akan terus berupaya memperkuat dan menjaga keutuhan NKRI. Karenanya, Pramuka dapat hadir dan diterima oleh masyarakat.

Dalam membacakan sambutan Ketua Kwarnas, Sahbirin Noor mengingatkan bahwa Agustus ditetapkan sebagai Bulan Bakti Pramuka, sehingga kegiatan bakti masyarakat perlu dilakukan. Diantaranya dapat dilakukan dengan melakukan aksi donor darah, dan melaksanakan kegiatan bakti lainnya dengan pencetusan momitmen Gerakan Pramuka untuk mengurangi sampah plastik, aksi bersih sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan, dan lain-lain.

“Saya meminta sejak saat ini juga dalam kegiatan Pramuka dari jajaran Kwartir hingga Gugus Depan, bahkan untuk kegiatan pribadi anggota Pramuka, marilah kita menolak penggunaan barang-barang yang berbahaya bagi lingkungan, bertekad semaksimal mungkin memanfaatkan produk yang dapat digunakan lagi dan menghindari produk sampah yang berbahaya bagi lingkungan karena penggunaan produk plastik sekali pakai,” ungkapnya.

BACA : Sambangi Pedalaman Meratus, Komunitas Pramuka Lakukan Edukasi Hidup Sehat

Tujuan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda kepada hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan yang sesuai dengan norma-norma yang baik. Dengan begitu, anggota pramuka akan memiliki moral, mental dan budi pekerti luhur. Selain itu, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Anggota Pramuka merupakan pribadi yang bertanggungjawab dan dapat dipercaya, sehingga siap sedia membangun keutuhan NKRI adalah merupakan tekad dan itikad Gerakan Pramuka untuk menjadi bagian terdepan menanamkan nilai-nilai luhur, sehiingga dapat membentengi generasi muda khususnya dari kecenderungan melakukan atau turut terlibat dalam kejahatan itu sendiri,” pungkasnya.

Dalam rangkaian acara peringatan tersebut, Ketua Kwarda berkesempatan menyematkan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa. Penghargaan ini dianugerahkan kepada 48 pembina Pramuka Kalsel, atas peran sertanya dalam membangun karakter peserta didik dalam pendidikan di Gerakan Pramuka.

Bupati HSS H Achmad Fikry selaku Ketua Mabicab HSS dianugerahi Lencana Menanti. Dan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad selaku Ketua Kwarcab HSS dianugerahi Lencana Dharma Bakti.

Peringatan Hari Pramuka tingkat daerah ini juga dimeriahkan dengan lomba rakyat, seperti balogo, dagungan, dan sepeda hias, yang diikuti oleh anggota Pramuka Kwarcab Hulu Sungai Selatan.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Riyadi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.