Gunakan Airbus A330, Jamaah Haji Kloter 01 Tiba Besok Malam

JAMAAH haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 01
Banjarmasin dijadwalkan akan tiba di Bandara Syamsudin Noor besok malam Selasa (20/8/2019).

MEREKA ini diberangkatkan dari
Maktab Ray Baksy menuju Jeddah pukul 16.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Selanjutnya, akan diberangkatkan dari Bandara King Abdul Azis Jeddah, Selasa (20/08/19) pukul 00.00 WAS.

Dikarenakan adanya jamaah haji mutasi dari kloter 02, 06 dan 07 maka jumlah jamaah haji yang akan tiba nanti mengalami penambahan dimana sebelumnya waktu pemberangkatan 318 orang dan saat tiba sebanyak 324 orang.

KETUA Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Banjarmasin, Noor Fahmi menambahkan adanya penambahan jamaah haji saat kepulangan ini dikarenakan adanya open set BDJ 01 sebanyak 7 orang.

“Jamaah yang kebetulan kurang sehat bisa dipulangkan lebih duluan dari kloter asalnya ke tanah air jika ada open seat di kloter yang akan pulang. Proses mutasi tidak semudah kita bayangkan karena harus melalui birokrasi yang panjang,” katanya.

Terkait jadwal tiba di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, menurut Noor Fahmi memang dijadwalkan kloter pembuka Debarkasi Banjarmasin tiba besok (20/08/19) pukul 18.55 Wita, namun mengingat padatnya jadwal penerbangan saat ini di Bandara KAA ada kemungkinan perubahan jadwal.

“Kita doakan saja semoga jamaah haji tiba dengan selamat dan sesuai dengan waktu yang diajdwalkan,” katanya.

Semula, jamaah kloter 1 berjumlah 310 orang yang merupakan JCH gabungan dari jemaah asal Hulu Sungai Selatan dan Kota Banjarmasin ditambah dengan satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI)/ ketua kloter, satu orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), tiga orang Tim Petugas Haji Daerah (TPHD), serta Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang terdiri dari satu doter dan dua orang paramedis sehingga total yang diberangkatkan 318 orang.

Sedangkan enam jamaah haji yang mutasi masuk dalam kloter ini yaitu Maria Lestari Rahayu dan Ahmad Murdiniyansyah M Djarman dari BDJ 02, Muri Sapura Muhammad dan Pariyah Harjo Parwiro dari BDJ 06, Juriah Jahri Ahmad dan Anwar Sikar Pilus dari BDJ 07 sehingga jumlah total jamaah haji BDJ 01 berjumlah 324 orang.

Setibanya di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, KATA Fahmi rencananya jemaah haji BDJ 01 akan menjalani proses penyambutan di asrama haji sebelum dipulangkan ke Hulu Sungai Selatan dan Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza