ACT

Atraksi Kuntau Peringatan Proklamasi RI di Batumandi yang Memukau

0 356

ATRAKSI kuntau atau seni bela diri tradisional khas Banjar disuguhkan dalam peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di halaman Pasar Batumandi, Kabupaten Balangan, Sabtu (17/8/2019).

USAI apel bendera yang diikuti ribuan peserta dari jajaran ASN, TNI dan Polri serta masyarakat, tiba giliran Perguruan Kuntau Gibang Barantai binaan Koramil 1001-04/Batumandi, beratraksi.

Layaknya film action, para pesilat kuntau ini memamerkan kebolehannya merangkai jurus demi jurus. Hingga melewati lingkaran api yang panas di tengah decak kagum penonton. Mereka terpukau dengan atraksi para pekuntau Gibang Barantai.

“Penampilan kesenian kuntau murni inisiatif kami. Para peserta apel bendera tujuhbelasan bisa menikmati seni bela diri khas Banjar ini,” ucap Danramil 1001-04/Batumandi, Kapten Inf Rukijan.

BACA : Pertunjukan Kuntau dan Pencak Silat Bakal Meriahkan Harjad Banjarmasin ke-493

Menurut dia, dengan atraksi itu, masyarakat bisa mengenal lebih jauh seni bela diri warisan nenek moyang masyarakat Banjar yang mulai dilupakan, akibat maraknya olahraga bela diri kekinian.

“Akhir-akhir ini, para pelaku silat kuntau terbilang jarang. Makanya, kami membina Perguruan Kuntau Gibang Barantai menjadi bagian dari pelestarian tradisi yang berkembang di tengah masyarakat Banjar,” tutur Rukijan.

BACA JUGA : Adu Kemampuan Bagasing, Masyarakat Lasung Batu Pertahankan Permainan Tradisi

Para pesilat tradisional ini pun langsung dikukuhkan Komandan Kodim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi pada Maret 2019 lalu. Ke depan, Rukijan berharap kesenian kuntau ini bisa dimasukkan dalam cabang yang dibina Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Dandim 100/Amt-Blg Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi meminta agar kearifan lokal yang berkembang di tengah masyarakat bisa terus dikembangkan, sehingga seperti olahraga silat kuntau bisa digemari generasi milenial yang rentan dengan dampak negatif dari arus globalisasi.(jejakrekam)

 

 

Penulis Gian
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.