ACT

Berhadiah Peralatan Sekolah, Lomba Tujuhbelasan Kampung Penatu Meriah

0 98

ANEKA permainan tradisional yang menjadi tradisi tujuhbelasan dihelat warga Kampung Penatu, di Jalan Pangeran Samudera, Kelurahan Kertak Baru Ulu, Banjarmasin Tengah, Sabtu (17/8/2019), usai peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

LOMBA yang melibatkan anak-anak dan para ibu serta warga Kampung Penatu ini berlangsung ceria. Ada lomba permainan bola, balap karung, tarik tambang, memasukkan belut dalam botol, mengisi air dalam botol, makan kerupuk, lomba membawa kelereng di atas sendok dan lainnya, membuat suasana jalan protokol yang lengang itu dipenuhi warga.

Warga pun membentang garis separuh jalan untuk menggelar berbagai lomba sejak pagi hingga sore demi memeriahkan suasana tujuhbelasan di Banjarmasin.

BACA : Sambut Tujuhbelasan, Pedagang Bendera di Pasar Baru Raup Untung

“Kami sengaja mengadakan berbagai lomba, karena ingin memeriahkan tujuhbelasan. Ini sudah jadi tradisi tahunan untuk mengakrabkan semua warga dan masyarakat sekitar Kampung Penatu,” ucap Ketua RT 07 Kelurahan Kertak Baru Ulu, Bambang kepada jejakrekam.com, Sabtu (17/8/2019).

Dihibur musik organ tunggal, warga pun tampak berjoget dan bergembira menyemangati anak-anak yang mengikuti berbagai lomba tujuhbelasan tersebut. Hadiah yang diberikan kepada para pemenang lomba itu cukup sederhana. Semua dana operasional perhelatan itu berasal dari para donator yang ada di Kampung Penatu dan sekitarnya.

BACA JUGA : Panjat Pinang, Hiburan Warisan Kolonial Belanda untuk Menghina Kaum Pribumi

“Tiap tahun, saya ikut lomba di Kampung Penatu ini. Saya harus jadi juara, karena hadiahnya lumayan untuk peralatan sekolah,” ucap Rizki Maulana, bocah 10 tahun yang duduk di kelas 5 SD ini.

Dengan hadiah berupa buku tulis, tas dan perlengkapan sekolah, Rizki mengaku semangat untuk memenangkan beberapa pertandingan. Menurutnya, tujuhbelasan merupakan hari yang dinanti tiap tahun, karena gelaran lomba di Kampung Penatu ini sangat meriah dan berhadiah.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.