ACT

Suksesi 2020, Nama H Yuni Mencuat Bakal Dampingi Hj Karmila atau Haris Makkie

734

BURSA bakal calon Walikota Banjarmasin makin dinamis. Tak hanya didominasi calon petahana, Walikota Ibnu Sina dan Wakil Walikota Hermansyah serta ketua-ketua partai politik (parpol). Ternyata, kini bermunculan figur lainnya di luar prediksi publik.

INFORMASI yang dihimpun jejakrekam.com dari sumber terpercaya di parpol besar, menyebutkan jika Hasnuryadi Sulaiman bakal batal maju berlaga di Pilwali Banjarmasin 2020. Sebagai penggantinya, adalah sang adik, H Yuni Abdi Nur Sulaiman alias H Iyun, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB).

Menariknya, H Yuni pun dalam skenario yang beredar di pembicaraan petinggi parpol di Banjarmasin, bakal diduetkan dengan putri H Muhidin, Hj Karmila yang merupakan calon anggota DPRD Kalsel terpilih dan peraup suara terbanyak di ibukota Kalsel.

Skenario lainnya, H Yuni juga disebut-sebut bakal disandingkan dengan Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie. Ini karena Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalsel ini didorong untuk maju dalam pemilihan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin 2020.

BACA : Kuasai Banjarmasin, Kemenangan PAN Bakal Pengaruhi Peta Pilwali 2020

Nah, nama H Yuni putra tokoh Banua, H Abdussamad Sulaiman HB dirumorkan bakal mendampingi Haris Makkie. Ini setelah, adanya gerakan pemasangan baliho seantero Banjarmasin dari sang Ketua NU Kalsel itu untuk mengukur popularitas dan elektabilitasnya.

Mencuatnya nama H Yuni yang masuk dalam radar bursa kandidat walikota atau wakil walikota, karena ketokohan pengusaha muda ini di ormas masyarakat yang punya jaringan kuat di Kalsel, khususnya di Banjarmasin.

Lantas bagaimana sikap putra tokoh Partai Golkar Kalsel ini ini mendiang H Sulaiman HB yang akrab disapa Haji Leman?

H Yuni bersyukur namanya mencuat sebagai kandidat Walikota Banjarmasin. Ia menyambut baik dukungan masyarakat untuk suksesi Pilkada Banjarmasin 2020 mendatang.

“Alhamdulillah kalau memang nama saya masuk bursa (pilwali), dukungan dari masyarakat tentu akan menjadi pertimbangan untuk langkah ke depan ,” kata Yuni kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Sabtu (10/8/2019).

BACA  JUGA : Tarung 2015 Bisa Terulang, Muhidin Vs Birin, Sultan Khairul Jadi Kuda Hitam

Namun Yuni memastikan masih menunggu restu dari keluarga besar sebelum mengambil langkah lebih jauh dalam pesta demokrasi lima tahunan di kota seribu sungai ini.

“Kak Hasnur (Hasnuryadi) termasuk figur potensial, tentu kami pertimbangankan segala kemungkinan untuk Pilwali Banjarmasin tahun depan, apakah keluarga besar ulun (saya) mendorong Kak Hasnur atau ulun pribadi,” tandas Wakil Ketua Pemenangan DPD Partai Golkar Kalsel Wilayah Batola ini.

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN Kalsel Faisal Hariyadi pun mengakui jika nama putra tokoh Banua almarhum Haji Leman itu masuk dalam calon pendamping Hj Karmila Muhidin di Pilwali Banjarmasin 2020 mendatang.

“Ini sesuai keinginan Pak Ketua (Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin) yang mendorong putrinya maju dalam Pilwali Banjarmasin 2020. Yang pasti, kami masih komunikasikan masalah ini dengan parpol lainnya,” ucap Faisal Hariyadi.

Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin ini mengungkapkan langkah untuk membentuk kongsi politik pun terus dilakoni PAN dengan beberapa parpol lainnya jelang suksesi 2020.

“Kami terus mencoba mengkomunikasi itu. Yang pasti, PAN nanti akan membuka pendaftaran dan lamaran dari para kandidat walikota dan kepala daerah lainnya,” tutur Faisal.

BACA LAGI : Semua Tergantung Hasnur, Ibnu Sina-Hj Karmila Batal Mencalon Walikota?

Mengenai asa Ketua DPW PAN Kalsel Muhidin yang juga ingin menduetkan Hj Karmila dengan Kepala Bappeda Provinsi Kalsel Nurul Fajar Desira, juga tak ditepis Faisal. Menurut dia, sepanjang itu merupakan wacana politik tentu sah-sah saja, karena memang sepatutnya juga menggandeng dari kalangan birokrat.

“Namun, selama ini, Pak Fajar belum menyatakan kesiapannya di ranah publik. Nah, mengenai rencana berkolaborasi dengan Golkar untuk mengusung Hj Karmila dengan H Yuni, juga tidak menutup kemungkinan,” tandas Faisal.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.