Dirgahayu

Siapkan Ibnu Sina, PKS : Wacana Maju dengan Abidin di Pilgub Kalsel Sudah Lama

PEMILIHAN Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin memang akan berlangsung tahun depan. Namun, sejumlah figur dancang-ancang bakal meramaikan suksesi Pilwali Banjarmasin 2020 mendatang. Selain Ibnu-Herman diprediksi bakal pecah kongsi, sejumlah nama disebut-sebut bakal berlaga.

FIGUR seperti anggota DPRD Kalsel terpilih Hj Karmila Muhidin bermodal sokongan PAN. Dalam bursa calon PDIP, mencuat nama Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhaimin dan Ketua DPD KNPI Kalsel Fazlur Rahman.

Ada pula, nama Ketua Gerakan Pemuda Ansor Banjarmasin, Favi Aditya Ikhsan, hingga Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Yuni Abdi Nur Sulaiman, bakal menjadi penantang serius petahana.

BACA : Ingin Pecahkan Mitos, Demi Dua Periode, Walikota Ibnu Sina Akui Dekati Gerindra

Lantas bagaimana persiapan PKS dalam menyongsong suksesi lima tahunan? Ketua DPD PKS Kota Banjarmasin Hendra mengatakan hingga saat ini komunikasi dengan sejumlah figur dan partai politik masih berjalan seperti biasa.

“Masih menunggu (situasi politik) masing-masing (parpol), dan tidak ada perkembangan terbaru,” ucap Hendra kepada jejakrekam.com, di Banjarmasin, Rabu (14/8/2019).

Ia memastikan setiap figur dan partai politik mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi di pesta demokrasi lima tahunan di kota seribu sungai. “PKS dan Pak Wali (Ibnu Sina) menyiapkan perangkatnya, begitu juga yang lain pasti melakoni hal serupa,” ucap akademisi Fakultas Ekonomi dan Binis Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini.

BACA JUGA : Lawan Calon Politik Uang, PKS Dorong Ibnu Sina Berlaga di Pilwali Banjarmasin

Lantas bagaimana tanggapan DPD PKS Kota Banjarmasin tentang wacana duet H Abidin-Ibnu Sina pada Pilgub Kalsel 2020 mendatang? Hendra menanggapi santai wacana duet Gerindra-PKS mengusung H Abidin-Ibnu Sina pada ajang Pilgub Kalsel. Menurut dia, wacana politik ini juga sempat mengemuka pada 2015 silam.

“Ketika Pak Ibnu menjabat Ketua DPW PKS Kalsel memang ada wacana bakal diduetkan dengan Pak H Abidin yang merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel. Tapi mungkin itu sekadar gimmick (politik),” urai Hendra.

BACA LAGI : Sinyal PDIP-Gerindra Berkongsi Menguat, Abidin-Sulaiman Berpotensi Diduetkan

Dia mengakui politik berjalan dengan dinamis dengan segala kemungkinan bisa saja terjadi. “Ya, memang bisa saja (Ibnu Sina maju Pilgub Kalsel) itu terjadi. Namun, hal itu merupakan ranah DPW PKS Kalsel. Sekali lagi, semua juga tergantung DPW PKS, komunikasinya seperti apa,” kata Hendra.

Menurut dia, parpolnya tetap membuka konvensi pencalonan kandidat kepala daerah, dan mengikuti mekanisme yang diterapkan PKS. “Kalau mau mendaftar di PKS silakan, termasuk kader sendiri. Apalagi sejak awal Agustus masa pendaftaran di pilkada di tujuh kabupaten dan kota, termasuk Pilkada Kalsel. Kalau ada bakal calon yang mendaftar di PKS, silakan isi formulir dan ikuti mekanisme di partai,” imbuh Hendra.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS