Pemprov Kalsel Jamin Pasokan Air PDAM Alalak Disuplai SPAM Banjarbakula

KEKHAWATIRAN seretnya pasokan air baku yang bisa diolah Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Batola Cabang Alalak, langsung direspon Pemprov Kalsel melalui Kepala Bappeda Provinsi Kalsel Nurul Fajar Desira.

NURUL Fajar memastikan pasokan air baku dalam program SPAM Banjarbakula bisa dinikmati PDAM Alalak untuk didistribusikan kepada para pelanggan yang ada di kawasan Handil Bakti, Batola.

“Saat ini, kami tengah menyelesaikan fasilitas pengolahan air baku yang ada di Karang Intan dan Sungai Tabuk. Nantinya, setelah selesai itu, akan berlanjut untuk mengerjakan intake di Sungai Rangas,” ucap Kepala Bappeda Kalsel Nurul Fajar Desira kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Rabu (14/8/2019).

BACA : Tanpa Ditopang Program Banjarbakula, Air PDAM Alalak Dikhawatirkan Habis

Menurut dia, nantinya Intake Sungai Rangas dibuat lebih besar kapasitasnya dua kali lipat dibandingkan Intake Sungai Tabuk, sehingga produksi airnya bisa mencapai 1.500 liter per detik.

“Dari Intake Sungai Rangas ini, pasokan air yang akan disuplai melalui jaringan pipa menuju IPA Alalak untuk mengcover kebutuhan air bersih warga Handil Bakti dan sekitarnya,” tutur Fajar.

Mantan Kepala Bappeda Kota Banjarmasin ini menjelaskan kekhawatiran minimnya pasokan air baku, usai IPA Alalak tak lagi mengolah air bersumber dari Sungai Alalak, bisa diganti dengan pasokan air dari Intake Sungai Rangas.

“Yang pasti, kami jamin wilayah cakupan PDAM Batola Cabang Alalak tetap ditopang program SPAM Regional Banjarbakula. Sebab, kawasan Handil Bakti dan sekitarnya, termasuk dalam wilayah layanan SPAM Banjarbakula,” tegas Fajar.

BACA JUGA : Terhitung 1 Mei, Telat Bayar PDAM di Batola Bakal Kena Denda Rp 30 Ribu  

Ia memprediksi tahun depan, beberapa intake untuk sumber air baku diolah menjadi air bersih di kawasan Sungai Tabuk dan sekitarnya akan rampung, sehingga bisa menopang beberapa utilitas publik baik PDAM Bandarmasih, PDAM Intan Banjar hingga PDAM Batola Cabang Alalak.

“Jadi, kami mohon bersabar, karena tidak mungkin PDAM Batola melalui IPA Alalak itu akan kehabisan bahan baku pengolahan air bersih, karena jelas akan ditopang SPAM Banjarbakula,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news and updates delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time