Dirgahayu

Menpar Lebih Mendukung Pegunungan Meratus Dibanding Sungai Banjarmasin

MENTERI Pariwisata Arief Yahya mengusulkan pegunungan Meratus masuk dalam UNESCO Global Geopark. Menurut informasi yang didapatnya, dirinya meyakini bahwa Meratus menjadi Geopark yang setara dengan Candi Borobudur.

KALAU ada usulan lain boleh saja. Tapi menurut diskusi beberapa lalu, yang paling diunggulkan adalah Pegunungan Meratus,” katanya.

Menariknya, dalam sambutannya Arief blak-blakan menyebut destinasi sungai di Kalsel belum tentu juara di ranah Kalimantan. Hal ini tentu bertolakbelakang dengan Walikota Ibnu Sina, yang acapkali mengklaim Banjarmasin sebagai Kota Sungai Terindah di Indonesia.

BACA : Dari Riset Balitbangda, Terinspirasi Eropa Muncul Ide Geopark Meratus

“Mohon maaf, kalau sungai untuk juara di Kalimantan saja belum tentu. Sebab Kalbar, Kalteng, dan Kaltim juga memiliki sungai. Kalau memilih, pilihlah sesuatu yang paling kuat. Tapi itu tergantung Gubernur Kalsel,” ujarnya.

Jika Sahbirin Noor memutuskan Pegunungan Meratus untuk diusulkan ke UNESCO Global Geopark, maka Kemenpar siap menyatakan dukungannya terhadap Kalsel. “100 persen Kemenpar akan mendukung,” katanya.

Arief berpesan kepada generasi muda di Kalsel untuk menggunakan digital dalam mempromosikan Kalsel. Sebab, mereka memiliki tanggungjawab untuk mensosialisasikan daerahnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani