Dirgahayu

Pesta Rakyat Harjad Kalsel ke-69 Habiskan Dana Rp 1 Miliar Lebih

SEMARAK dan meriah, itu gambaran saat memasuki Jalan Jenderal Sudirman dan Komplek Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin. Puncak peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-69 ini ternyata menghabiskan dana sekitar Rp 1 miliar lebih.

UNTUK Rabu (14/8/2019) besok, saat pesta rakyat dihelat akan disuguhkan makan gratis di kawsan Siring Titik Nol Kilometer Banjarmasin. Apalagi, dikabarkan tiap satuan perangkat kerja daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kalsel menyumbang minimal 500 porsi makanan. Itu terlihat dari ribuan piring dan ribuan besek berlogo Syukuran7 Karasminan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-69 telah disiapkan.

Menu yang disajikan ada ketupat, lontong, nasi kuning, sate, gado-gado, rawon dan lainnya hingga aneka wadai khas Banjar, layaknya Pasar Wadai Ramadhan. Ini belum lagi atraksi budaya dan pertunjukan untuk pesta rakyat.

BACA : Harjad Kalsel, Pesta untuk Rakyat

Berapa dana yang dibutuhkan untuk menghelat pesta akbar memperingati Harjad Provinsi Kalsel ke-69 itu? Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie mengungkapkan sedikitnya untuk biaya pesta rakyat dan rangkaian peringatan Harjad Provinsi Kalsel ke-69 menghabiskan dana mencapai Rp 1 miliar lebih.

“Untuk pesta rakyat ini akan diperuntukkan bagi masyarakat Kalsel di samping menampilkan berbagai macam pertunjukan kesenian daerah,” ucap Haris Makkie kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Selasa (13/8/2019).

Ia menegaskan untuk dana syukuran dan karasminan tidak boleh secara khusus dianggarkan dalam APBD. “Namun, dana ini keroyokan dari beberapa SKPD Pemprov Kalsel. Apakah dana itu dari Dinas Pariwisata, Bagian Umum dan lainnya. Ya, sedikitnya menghabiskan dana Rp 1 miliar lebih,” tutur mantan Kepala Biro Humas Setdaprov Kalsel ini.

Ketua PWNU Kalsel ini memastikan pesta rakyat itu tak hanya mengundang semua warga Banjarmasin dan sekitarnya, namun juga seluruh warga Kalsel yang ada di kabupaten dan kota lainnya. “Jadi, semua warga Kalsel bisa merayakan hari jadi provinsi ini,” tandas Haris.

BACA JUGA : Pemprov Dorong Penerapan Smart City di Seluruh Kabupaten/Kota di Kalsel

Hampir dalam sepekan ini, proses persiapan lokasi puncak peringatan Harjad Kalsel ke-69 ini telah berlangsung di halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarmasin. Bahkan, Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie juga telah mengirim surat ke walikota dan bupati se-Kalsel untuk berpartisipasi dalam acara bertajuk Barakat Tugul, Banua Unggul itu.

Dalam surat bernomor 120/01411/OTDA/PEM tertanggal 8 Agustus 2019, agar masing-masing kabupaten dan kota menghadirkan 100  orang terdiri dari Forkompida, SKPD, camat, lurah, kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan masyarakat berprestasi, baik siswa, seniman hingga atlet dan undangan lainnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS