Dirgahayu

Pelantikan Anggota DPRD Kalsel Dijadwalkan pada 9 September 2019

SEKRETARIAT DPRD Kalsel siap mengagendakan pelantikan 55 anggota DPRD Kalsel periode 2019-2024 pada 9 September 2019 nanti. Kesiapan pelantikan tersebut, setelah Setwan menerima berita acara KPU Kalsel Nomor 112/PL.01.9-BA/63/PROV/VIII/2019. 

BERITA acara tersebut setelah KPU Kalsel merampungkan penetapan perolehan suara dan kursi partai politik serta penetapan 55 calon terpilih anggota DPRD Kalsel melalui rapat pleno pada 10 Agustus 2019 lalu. Hal itu disampaikan Sekretaris DPRD Kalsel HAM Rozaniansyah melalui Kepala Bagian Persidangan Muhammad Jaini, Senin (12/8/2019).

Berdasarkan berita acara tersebut, beber Jaini, untuk jumlah kursi yang telah ditetapkan, sebanyak 55 orang, yang telah merampungkan hasil penghitungan suara di 13 kabupaten dan kota dengan 7 daerah pemilihan (dapil).

BACA : SK Penetapan Caleg Terpilih Diserahkan, Ini Nama 55 Anggota DPRD Kalsel

Dari hasil penetapan 55 kursi tersebut, yang terbanyak meraih kursi adalah Partai Golkar dengan 12 kursi, berturut-turut PDIP 8 kursi, Gerindra 8 kursi, PAN 6 kursi, PKS 5 kursi, PKB 5 kursi, NasDem 4 kursi, Demokrat 3 kursi, PPP 3 kursi, serta Hanura 1 kursi.

Setelah pihaknya menerima salinan berita acara KPU tersebut, maka langkah selanjutnya siap melaksanakan pengambil sumpah dan janji anggota dewan, sementara kapan jadwal pelantikan itu akan dibahas bersama Bagian Tata Pemerintahan dan Sekretariat Dewan. Namun agenda pelantikan wakil rakyat ini mengacu pada periodesasi anggota dewan saat ini yang akan berakhir pada 9 September mendatang. “Pada 9 September, insya Allah dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Kalsel yang baru,” kata Jaini.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani