ACT

Sambut Takbiran Idul Adha, Satu Rumah Terbakar di Gang Antasan Salam

0 211

SATU rumah yang dihuni 7 kepala keluarga dengan 24 jiwa di Jalan Belitung Darat, Gang Antasan Salam RT 07 RW 01, Kelurahan Belitung Selatan, Banjarmasin Barat, terbakar hebat, Sabtu (10/8/2019) sekitar pukul 18.50 Wita.

KEBAKARAN yang beriringan dengan usai shalat Maghrib dan alunan takbir menyambut malam Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, sontak mengejutkan warga. Teriakan api pun bersahutan, tak hanya di kanal radio emergency, juga warga yang meminta tolong ditimpal raungan sirene armada pemadam kebakaran menuju ke lokasi kejadian.

Rumah yang berbahan kayu ditambah angin cukup kencang berhembus, mengobarkan api makin membesar dengan asap menjulung tinggi.

“Alhamdulillah, karena sumber air tersedia, hanya sekitar 45 menit, api berhasil dikuasai. Saat ini, kami melakukan pendinginan di lokasi kejadian,” ucap Wahyuni, anggota BPK Gabungan Banjarmsin kepada jejakrekam.com, Sabtu (10/8/2019) malam.

BACA : Masyarakat Kalsel Diminta Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan

Kuat dugaan penyebab api karena arus pendek listrik. Ini setelah, beberapa saksi menyebutkan asal api itu berasal dari satu rumah besar yang dihuni banyak kepala keluarga itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin HM Hilmi mengungkapkan  saat ini penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan aparat terkait, khususnya pihak Polsek Banjarmasin Barat.

“Memang, api cepat membesar, karena bangunan yang terbakar itu terbuat dari kayu. Untungnya, sumber api untuk memadamkan di lokasi kejadian tersedia cukup,” kata Hilmi kepada jejakrekam.com.

Menurut dia, akibat kebakaran ni, sedikitnya 7 kepala keluarga dengan 24 jiwa harus kehilangan tempat tinggal. Mereka adalah Dayat, Misdan, Saukani, Haidir, Praja, Imansah dan Milah.

BACA JUGA : Satu Korban Jiwa di Kebakaran Dahur

“Untuk total kerugian ditaksir mencapai Rp 207 juta lebih. Saat ini, kami masih melakukan pendataan musibah kebakaran dan berkoordinasi dengan instansi terkait,” tutur Hilmi.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin/Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.