Jelang Lebaran Haji, Omzet Penjualan Kue Kering Lebih Menggairahkan

0

MENU menjamu tamu di Hari Raya Idul Adha, tak hanya identik dengan daging kurban, namun kue kering juga jadi suguhan. Aneka kue kering hari raya pun kini dijual di berbagai tempat, salah satunya di Jalan Simpang Sudimampir Raya, Banjarmasin.

KESIBUKAN para pedagang kue kering tampak terlihat, ketika para calon pembeli mulai mendatangi kios-kios yang berada di tepi jalan kawasan Pasar Sudimampir Raya itu, Sabtu (10/8/2019).

Para pembeli tak hanya datang dari Banjarmasin. Ada beberapa pembeli dari kota lainnya seperti Kandangan, Banjarbaru, hingga dari luar Kalsel seperti Palangka Raya, dan Kuala Kapuas.

Pedagang kue kering di Pasar Sudimampir Raya, Aminah mengakui dalam sepekan ini permintaan kue kering hari raya mulai meningkat tajam dibandingkan hari-hari biasa.

BACA : Laris Manis Selama Ramadhan, Kurma Segar Ruthob Paling Diincar Pembeli

“Alhamdulillah, ada peningkatan tajam dari omzet penjualan. Jauh menggembirkan dibanding hari biasanya. Kalau hari biasanya hanya Rp 2 juta, sekarang mulai naik hingga Rp 5 juta per hari. Kue-kue ini kami datangkan dari Pulau Jawa, sebagian lagi dipasok dari para pengrajin kue industri rumah tangga,” ucap Aminah kepada jejakrekam.com, Sabtu (10/8/2019).

Tak hanya kue kering dengan aneka jenis, Aminah mengakui pembelian kacang Arab, kismis, kurma hingga air zamzam juga meningkat tajam, jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah.

“Mungkin karena Idul Adha merupakan Hari Raya Haji, sesuai tradisi di masyarakat Banjar tentu tak lengkap tanpa oleh-oleh dari Tanah Suci,” ucap Aminah.

Salah seorang pembeli, Saniyah mengungkapkan sengaja membeli kacang Arab dan kurma, air zamzam dan kurma karena perayaan Hari Raya Idul Adha lebih lama dibandingkan Idul Fitri.

“Jadi, kalau ada tamu datang ke rumah, tak hanya disajikan kue kering hari raya, juga aneka makanan khas Timur Timur seperti kismis, kacang Arab, hingga air zamzam. Jadi, mereka juga bisa bawa pulang saat berkunjung ke rumah,” kata warga Banjarmasin ini.

BACA JUGA : Omzet Penjualan Kue Kering Lebaran Menurun, Daya Beli Masyarakat Rendah

Menurut Saniyah, jika nantinya keluarganya datang dari berhaji di Tanah Suci pada September nanti, tentu bisa menambah suguhan bagi para tamu yang datang.

“Kami sengaja beli dalam jumlah banyak, agar bisa bertahan lama dan berbagi dengan sanak keluarga,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.