Undang Daerah Rawan Karhutla, Penghijauan di Kalsel Salah Satu yang Terbaik

0

PRESIDEN RI Joko Widodo memberikan pengarahan terkait pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui rapat koordinasi nasional (rakornas) di kantor Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/8/2019).

RAPAT ini ini dihadiri Gubernur, Bupati/Wali Kota, Pangdam, Kapolda, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Dinas Kehutanan Provinsi di wilayah rawan karhutla dan instansi terkait.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gubernur, Pangdam, Kapolda berkolaborasi, bekerja sama dibantu dari Pemerintah Pusat, Panglima TNI, Kapolri, BNPB, dan Badan Restorasi Gambut (BRG) dalam mengatasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

BACA: Cuaca Cerah Berawan, Kalsel Kategori Merah Karhutla

Atensi Presiden RI utk peserta Rakornas  Karhutla yaitu,  memprioritaskan pencegahan melalui patroli dan deteksi dini,  melakukan penataan ekosistem gambut agar gambut tetap basah dan buat embung tahan kemarau.

Selain itu segera mungkin padamkan bila ada api dan lakukan pemadaman sebelum api menjadi besar dan langkah penegakan hukum sudah baik dan terus tingkatkan.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memberikan solusi kongkrit terkait pencegahan, pengendalian dan penanggulangan karhutla.

BACA JUGA:Antisipasi Karhutla, 1.512 Personil Disiagakan di 100 Titik Rawan

Dikemukakan Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel, salah satu upaya untuk menanggulangi masalah karhutla ialah perlu adanya kemauan kuat serta sinergitas dengan melibatkan masyarakat. “Jika dulu kita yang dikepung api, maka hari ini mindset kita adalah kitalah yang mengepung api (mencari titik api.red)” ungkap Paman Birin.

Tanggapan terhadap solusi yang disampaikan gubernur Kalsel sangat diapresiasi oleh presiden. Presiden juga memberikan pujian kepada Sahbirin bahwa kalsel merupakan provinsi yang pelaksanaan penghijauannya terbaik.

“Saya sangat mengapresiasi Kalsel, untuk penghijauan saya kira salah satu provinsi yang terbaik (yaitu) di Kalsel” ucap presiden, yang kemudian diikuti dengan tepuk tangan dari seluruh peserta rakornas. “Dalam lima tahun kedepan kita akan lakukan besar besaran untuk penghijauan, karena anggarannya juga sudah kita berikan sangat besar,” imbuh Jokowi.(jejakrekam)

Penulis Balsy
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.