ACT

Walikota Imbau Panitia Kurban Tak Gunakan Plastik dalam Pembagian Daging

0 240

MENDEKATI Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyerukan agar seluruh panitia kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah daging kurban.

IMBAUAN berbentuk surat yang diunggah melalui akun instagram resmi Ibnu Sina pada Sabtu (3/7/2019). Dalam menindaklanjuti Perwali Nomor 18 Tahun 2016 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

Sebagai solusi pengganti kantong plastik, panitia maupun penerima daging kurban mesti menyediakan bakul purun ataupun wadah yang bisa berkali-kali pakai. “Misalnya dapat kupon daging kurban, tentunya datang mengambil daging mesti membawa bakul dari rumah. Kan gampang,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar di ruang kerjanya.

BACA: Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban, 2.000 Ekor Sapi Disiapkan

Ia menegaskan, bahwa surat edaran Walikota ini bersifat mengimbau kepada panitia kurban yang membagikan daging kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik. “Ini bagian dari lanjutan program pengurangan kantong plastik. Kita hanya mengimbau, silakan diikuti ataupun tidak,” katanya.

Namun bagi Mukhyar, alangkah baiknya jika mereka turut berpartisipasi dalam rangka menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik. “Jadi, tak ada paksaan. Tergantung hati nurani saja,” cetusnya.

Adanya surat edaran ini dinilainya tak membebani panitia kurban. Sebab, hal itu bisa diantisipasi dengan memberikan catatan melalui kupon penerima daging kurban untuk membawa bakul ataupun wadah lainnya dari rumah. “Kan selesai. Tak masalah, gampang dan tak membebani,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.