Dirgahayu

Gubernur Kalsel Apresiasi Tapin Art Festival 2019

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengapresiasi ajang Tapin Art Festival sebagai upaya memelihara eksistensi seni dan budaya yang dimiliki Kabupaten Tapin.

HAL tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Drs Abdul Haris, MSi,  pada saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kaliamantan Selatan H Sahbirin Noor pada penutupan Tapin Art Festival di ruang terbuka hijau, Rantau, Minggu (4/8/2019)malam.

“Apresiasi setinggi tingginya kepada pemerintah daerah, pihak-pihak yang mendukung dan masyarakat atas gelaran Tapin Art Festival yang telah sukses dilaksanakan, selain memelihara eksistensi seni dan budaya, kegiatan ini juga pastinya mendongkrak ekonomi masyarakat,” ucapnya.

BACA: Lindungi Aset, Pemprov Kalsel MoU dengan BPN

Menurut Gubernur Kalsel, sudah semestinya pemerintah daerah terus memelihara keberadaan seni dan budaya yang dimiliki masing-masing daerah. Disampaikanya, selain untuk mewariskan kearifan lokal kepada generasi muda, Tapin Art Festival ini juga memperkuat city branding.

Menurut Paman Birin, Tapin Art Festival ini sangat potensial untuk dikembangkan lebih besar lagi karena masih banyak yang dapat digali dan disinergikan.

Paman Birin mengatakan, untuk mengembangkan seni dan budaya daerah semua pihak harus bersinergi.  “Baik itu pemda pengusaha dan masyarakat semua harus gotong royong dalam rangka kita memalihara kesenian dan kebudayaan daerah kita dan sinergi itu sudah terlihat di sini,” katanya.

Gubernur berharap agar Tapin Art Festival dapat menjadi festival tahunan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tapin.

BACA : Sekdaprov Kalsel Berharap Reformasi Birokrasi Terlaksana Lebih Optimal

Sementara itu,  Bupati Tapin HM Arifin Arpan berharap dengan adanya Tapin Art Festival ini dapat mempromosikan kebudayaan dan wisata yang ada di Kabupaten Tapin kepada masyarakat luas.

Bupati mengatakan, pertunjukan seni dan budaya menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke Tapin.  Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta tapin art festival dan kepada para sponsor yang telah berpartisipasi sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

Berharap festival ini dapat terus memotivasi kepada generasi muda untuk dapat mengekspresikan kreatifitas dalam berseni dan budaya. Adapun rangkaian kegiatan Tapin Art Festival terdiri dari parade tari kalimantan, fun cooking,workshop tari, workshop videografi, pawai budaya kalimantan, tapin fashion karnaval, bazaar UMKM dan komunitas dan malam pesona budaya Kalimantan.(jejakrekam)

Penulis Fahri (Biro Humpro Kalsel)
Editor Fahriza