Dirgahayu

Tandukan Ady Kurniwan Antarkan Barito Putera Naik Peringkat

BARITO Putera berhasil meraih kemenangan saat menjamu Persib Bandung di Stadion Demang Lehman, Martapura, Minggu (4/8/2019).

PADA laga pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019 ini, gol semata wayang Barito putera berhasil dicetak pada injury time oleh pemain tengah Ady Kurniawan.

Persib mengawali laga dengan bermain ofensif karena memburu poin setelah terpuruk di kandang Arema FC pada pekan sebelumnya. Pada awal babak pertama, anak asuh Robert Alberts menciptakan tiga peluang.

BACA: Jelang Piala AFF dan SEA Games, 4 Punggawa Barito Putera Muda Dipanggil Timnas

Pertandingan berjalan alot. Barito Putera juga memberikan perlawanan sengit. Evan Dimas menciptakan peluang pertama pada menit ke-26. Namun, bola tendangan Evan masih melambung.

Kedua tim saling menyerang. Namun, hingga babak pertama berakhir, kedudukan masih 0-0. Statistik babak pertama menunjukkan, Barito Putera unggul dalam penguasaan bola dengan persentase 56 berbanding 44.

Babak kedua, pertandingan masih berjalan ketat. Barito Putera menurunkan Samsul Arif menggantikan Gavin Kwan Adsit pada menit ke-64. Sebelumnya, Gavin mendapat kartu kuning setelah melanggar Hariono.

Kedua tim masih kesulitan untuk mencetak gol. Ezechiel Ndouassel terburu-buru dalam mengeksekusi tendangan hasil bola rebound pada menit ke-65. Sementara, serangan balik Barito Putera kerap dipatahkan lini belakang Persib.

Barito putera mengandalkan kreativitas Rizki Pora dan Rafael Silva untuk mendobrak pertahanan Persib bandung. Demi mengejar gol, Barito Putera cenderung bermain keras. Anak asuh Yunan Helmi kembali melakukan pelanggaran. Setelah Gavin Kwan dan Rafael Silva, giliran Ady Setiawan yang mendapat kartu kuning dari wasit Nusur Fadillah karena melakukan tekel berbahaya kepada Ardi Idrus.

BACA JUGA: Skor Kacamata, Barito Putera-Persela Harus Puas Berbagi Angka

Memasuki menit ke-80, situasi masih sama. Kedua tim lebih sering berkutat di lini tengah. Persib beberapa kali mampu mengancam gawang Barito Putera yang dikawal Aditya Harlan. Adit pada pertandingan kali ini bermain sangat baik, tak ada gol yang tercipta.

Menjelang injury time, Tim laskar Antasri meraih peluang emas namun kiper Persib Bandung Made Wirawan melakukan penyelamatan hheroik dengan menepis bola tendangan jarak jauh Rony Beroperay. Dua peluang Barito pada menit akhir juga gagal dimaksimalkan menjadi gol. Skor Barito Putera versus Persib Bandung masih 0-0.

Pertandingan berakhir dengan skor kacamata. Memasuki injury time, pemain pengganti Samsul Arif mengeksekusi tendangan bebas, bola disambut Ady Setiawan yang tak terkawal di depan mulut gawang Persib.

BACA LAGI: Akhiri Paceklik, Gol Semata Wayang Angkat Asa Barito Putera

Ady lalu menanduk bola dan masuk ke pojok kiri gawang Made Wirawan skor berubah 1-0 untuk keunggulan tim Laskar Antasari atas Persib. Barito mania bergemuruh menyambut gol kemenangan ini. Tak berselang lama, wasit pun mengakhiri laga. Dengan demikian, Barito Putera meraih tiga poin.

Dengan raihan tiga poin ini, Barito Putera naik ke peringkat 12 klasemen sementara dengan 12 poin, sementara tim tamu tetap di posisi 11 dengan keunggula 1 poin atas Tim laskar Antasari.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Husaini
Editor Fahriza