Tahun 2020, Anggaran Dana Desa Naik Jadi Rp 2 Miliar

0

ANGGARAN dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat pada tahun 2020 dipastikan akan naik. Nantinya, masing-masing desa akan menerima jatah Rp 2 miliar yang bisa dimanfaatkan dalam pemberdayaan desa.

HAL ini diungkap Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid didampingi Wakil Bupati Husairi Abdi dan Ketua DPRD HSU Sahrujani saat acara bursa inovasi desa (BID) di Kecamatan Sungai Tabukan, Kamis (1/8/2019).

“Tahun 2020 mendatang, dana desa akan naik menjadi Rp 2 miliar dari pemerintah pusat. Yang sebelumnya, dalam kisaran Rp 1 miliar. Dengan besarnya dana itu, bisa memberdayakan masyarakat desa,” ucap Bupati Wahid.

Ia mengungkapkan inovasi desa merupakan forum untuk memberikan kesempatan bagi desa untuk mempromosikan keunggulannya masing-masing. Dengan kesempatan itu, Wahid mengingatkan agar anggaran dana desa yang besar, bisa disiasati kepala desa dan aparatur desa untuk membuat terobosan baru dalam memajukan desanya.

BACA : Rp 1,5 Triliun Dana Desa bagi 1.864 Desa di 11 Kabupaten di Kalsel

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Bursa Inovasi Desa Cluster I,  Normila mengatakan sosialisiasi kebijakan program inovasi desa, alur kegiatan dan pelaku-pelaku program dan memperkenalkan inisiatif atau kegiatan pembangunan desa menjadi salah titik fokus bursa inovasi desa.

“Dengan begitu, pemberdayaan masyarakat yang inovatif dan berkembang akan mendukung kualias pembangunan desa,” ucap Normila.

BACA JUGA : Cepat dalam Penyaluran Dana Desa, Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Sambangi Balangan 

Sedangkan, Koordinator Program Inovasi Desa (PID) Kalsel Johar Arifin berharap bursa inovasi desa bisa menjadi sarana dalam mendorong peningkatan pemanfaatan dana desa dengan memberikan arahan inovasi untuk pembangunan di desa. Termasuk, pengembangan potensi lokal kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia,serta infrastruktur yang ada di desa.

“Inilah pentingnya inovasi desa yang dianggarkan dalam APBDes. Dengan begitu, masyarakat yang ada di des, dapat berkembang dan masyarakat menjadi sejahtera,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.